Sunscreen Cream vs Spray. Pilih yang mana?

Baru sesudah uzur begini saya sadar fungsi tabir surya atau sun screen, sun block dan sebagainya. Sebelum-sebelumnya sih bedakan aja malas. Apalagi pakai cream berlapis-lapis.

Kulit muka saya tipe yang kering, jarang jerawatan waktu muda tapi akibatnya pas tua cepet keriput dan banyak bintik hitam. Belum lagi jaman kuliah naik motor kemana-mana plus begitu udah kerja di ibukota ngojek pula kemana-mana. Ya udah deh muka begitu di scan gratisan sama mbak-mbak SPG SKII di mal langsung menunjukkan tanda-tanda spruten di wajah yang lebih tua dari umur aslinya… Aduuh ternyata makan tahu berformalin tidak membuat wajahku immortal..yee keleuss.. Barulah saya bersahabat dengan tabir surya.

Tabir surya yang dipake level maksimal. SPF (Sun Protector Factor) 15, 25, 30 gak nampol buat menahan merekahnya surya di bumi bertuah ini. Jadilah pakai SPF 50 dan sekitarnya.

Biasanya sih saya pakai tabir surya yang dioles di muka. Pakai urutan dari mulai essence, serum, cream, sun screen, baru bedak dan dempul-dempul lainnya jika diperlukan.

Review wardah atau bodyshop nya sudah pernah saya tulis.

Kemarin saat jalan-jalan di mal dibujuk mbak-mbak SPG The Body Shop untuk nyoba Skin Defence Multi Protection Face Mist. Sebetulnya saya males sih pakai spray-spray gitu, tapi kadang suka lupa udah pake bedak dsb eeh inget tadi kan belum pake sunscreen. Maklum uzur jadi suka lupa. Gak mungkin ditimpain diatas dempul kan, bisa-bisa belepetan jadinya. Nah kalau yang spray kan justru dipakai sesudah selesai semuanya. Juga bisa dipakai langsung kalau mau ulang lapisannya di siang hari tanpa perlu bersihin muka dulu. Okelah pikir saya, praktis juga kayaknya. Lagi diskon pula (halaah bilang aja ini alasan utamanya. Namanya juga wanita MODIS a.k.a MOdal DISkon).

Okey sekarang perbandingan antara yang cream dan spray menurut saya. Kebetulan sama-sama produk The Body Shop.

1. Ingredients

Kayanya gak banyak beda ya. Yang kiri kemasan cream yang kanan spray. Sama-sama mengandung ekstrak red algae dan vitamin C.

Cuma yang spray mengandung marula oil. Yaitu kacang-kacangan dari Afrika Selatan yang sejak jaman dulu dipakai untuk perawatan kecantikan. Yaelaa.. pantes saya gak cantik, kenalnya cuma kacang panjang sama kacang tanah.

2. Kadar SPF dan PA

Yang cream SPF 50 PA++++ yang spray SPF 45 PA++

SPF (Sun Protection Factor) itu terkait dengan ultraviolet B yang menyebabkan kulit terbakar (sunburn) dan kemerahan. Katanya SPF 45 melindungi kita 98% dari paparan UV B. Lebih dari itu sama aja, karena gak akan ada yang melindungi kita dari UV B sampai 100%. Seperti kata Bunda Dorce kesempurnaan hanya milik Allah, maka pelindung 100% hanya berserah padaNya plus payungan ciin..

Jadi kalaupun spray hanya SPF 45 sifat perlindungannya setara dengan yang SPF 50.

PA adalah Protection Grade of UV A. UV A bersifat merusak struktur kulit, menimbulkan penuaan dini dan parahnya bisa menyebabkan kanker kulit.

PA++ sama dengan PPD 4-8

PA++++ sama dengan PPD 16 keatas.

PPD (Persistent Pigment Darkening) artinya PPD dengan nilai 10 berarti kulit kita akan terpapar efek buruk UVA dalam waktu 10 kali lipat lebih lama ketimbang tidak memakai sunscreen.

Jadi untuk hal perlindungan terhadap UV A, skin defence cream lebih juara. Prok..prok..prok..

3. Kemasan dan Ukuran

Dua-duanya kecil sih. Praktis aja dibawa kemana-mana. Yang spray tutupnya kokoh gak usah takut isinya mbleber kemana-mana. Justru yang cream entah salah desain dimana, pasti isinya mbleber keluar sehingga bagian dalam tutup tube-nya selalu belepetan. Makanya saya selalu meletakkan dengan tutup diatas kalau di meja. Kayaknya lubang tube-nya terlalu besar.

Ukurannya yang cream 40 ml yang spray 60ml.

Kayaknya di bagian ini yang spray juaranya.. ayo berikan applause, penonton.. prok prok prok, jadi apa (yee pak Tarno doonk).

4. Pengaplikasian di Wajah

Yang cream enaknya bisa merata di wajah. Sampai bagian nyempil kayak cuping hidung, dekat mata ya tinggal dioles aja.

Ada wanginya tapi samar aja dan bisa ditolerir.

Kalau mau re-apply misal siang hari ya harus hapus make up dan pake dari ulang lagi. Hal malesin yang bikin saya gak pernah re-apply. Yaa pantes udah pake SPF 99.9999% masih gosong aja..haha.

Yang spray praktis cukup disemprotkan ke wajah. Eh kate sape, ternyata ribet yaa. Harus merem dan mingkem supaya gak kena mata dan bibir. Juga lubang hidung. Karena takut bagian-bagian penting kesemprot alhasil makenya jadi gak rata.

Wanginya sebenernya mirip sama yang cream, cuma mungkin karena spray mungkin pake aerosol atau apa gitu jadi rasanya lebih menyengat. Di botolnya ditulis dipakai setiap 2 jam. Kalau yang cream gak ditulis begitu. Jadi dibawa-bawa aja tinggal disemrot kalau mau re-apply tanpa perlu menghapus make up dan ngulang dandan dari ulang.

Skornya jadi mungkin balance buat beberapa orang tapi buat saya prefer yang cream.

5. Harga

Gak afdol kalau emak irit gak bicara duit ye kaan..

Untuk yang cream rp 399.000

Yang spray rp 349.000

(Plus pas saya beli diskon 30% pula…yeaayy).

Sekian ulasannya. Silakan mau pilih yang mana. Saya sih sebenernya pilih yang cream cuma sekarang Body Shop sudah gak ngeluarin produknya lagi (yaa terus kenapa diulas, maliih…) Ya kan siapa tau Body Shop baca ulasan saya terus menerbitkan lagi versi cream-nya. Yaaa kalii siapa gueee..

Ya saya ganti merk aja lagi yaa. Kalau ada referensi mohon di-share juga. Sekian dan terima gaji. Eeeh…

Iklan

4 respons untuk ‘Sunscreen Cream vs Spray. Pilih yang mana?

  1. Aku pribadi lebih suka yang bentuknya krim. Walau pakainya agak repot tapi lebih aman dibawa kemana-mana. Favoritku sekarang dari Apieu mbak. Namanya everyday sun gel spf 50+, krimnya gel, nggak lengket, dan nggak whitecast juga 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s