5 Tips Hidup Sehat (yang belum kujalankan dengan konsisten 😁)

Judul yang sungguh unfaedah ya.. bagaimana mau memberi tips kalau belum bisa konsisten. Ya minimal saya kasih tau caranya. Kalau masih bolong-bolong jalaninnya gak papa kan ada temannya : saya 😁.

1. Pola Makan yang Baik

Banyak model, cara dan mazhab mengenai pola makan. Ada yang klasik 4 sehat 5 sempurna seperti pelajaran SD kita dahulu. Ada ketosfastosis, diet GM (General Motors), OCD nya Deddy Corbuzier, Mayo, dll, dsb. 

Saya sendiri mencoba sistem Food Combining. Merasa paling pas dan cocok saja sih dibanding jenis pengaturan pola makan lainnya.

Food combining (FC) adalah pengaturan pola makan yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan waktu cerna makanan. 

Bangun tidur diawali dengan jeniper atau lemper. Singkatan dari jeruk nipis peras atau lemon peras yang dicampur segelas air hangat. 

Sarapan buah-buahan. Yang manis dan gampang dicerna tubuh. Siang dan malam hari sebetulnya bebas hanya saja makanan karbohidrat tidak boleh dicampur protein hewani karena dianggap sama-sama berat dicerna tubuh. 

Porsi sayuran dalam FC sangat dianjurkan dalam porsi besar dan bentuk raw. Karena FC penganut paham bahwa makanan yang minim proses pengolahan jauh lebih baik daripada yang diolah macam-macam. Minuman yang dianjurkan air putih sementara susu diharamkan, begitu juga teh dan kopi.

Kenapa saya suka FC. Karena gampang dan murah. Boleh makan apa saja selama tidak mencampur karbo dan protein hewani. Jadi dalam 1 hari ada porsi buah di pagi hari, 1 kali karbo dan 1 kali protein hewani. Sayur dan protein nabati bebas. 

Minusnya. Sarapan buah kadang gak nendang buat saya yang makannya porsi jumbo ini.. hihi.

2. Olahraga

Dari SD olahraga termasuk mata pelajaran yang saya gak bisa lakukan untuk hampir semua cabangnya. Sekarang setelah tua inipun olahraga paling malas saya lakukan. Padahal tinggal di dalam camp yang dilengkapi fasilitas olahraga komplit for free

Olahraga yang belakangan ini pernah saya ikuti:

  • Cross Fit 

Crossfit adalah program latihan dengan menggunakan kegiatan sehari-hari (fungsional) yang dilakukan dalam waktu singkat serta intensitas yang tinggi. Gerakan crossfit setiap harinya bisa berbeda-beda dilakukan berulang-ulang sesuai dengan kemampuan kita.

Jenis gerakan crossfit bermacam-macam, diantaranya : 

  • Power clean : Menarik barbel dari lantai dan membawanya ke depan bahu Anda dengan menggunakan kekuatan dan kecepatan.
  • Burpees : posisi awal berdiri, lalu jatuh dengan cepat ke lantai dan melakukan push up, kemudian kembali berdiri menuju posisi Squat dan melompat lurus ke atas.
  • Snatch : Mengangkat barbel dengan cepat dari lantai langsung ke atas kepala Anda dengan lengan menggenggam lurus.
  • Thruster : berdiri tegak menahan barbel di depan bahu. Lalu berjongkok ke titik di mana paha sejajar dengan lantai, kemudian kembali lagi berdiri dengan mengangkat barbel ke atas kepala.

Buat saya olahraga ini beraat banget. Karena dilakukan berulang-ulang dengan cepat. Waktunya dicatat berikut bisa menyelesaikan berapa gerakan. 

  • Body Pump 

Adalah olahraga kardio dengan tambahan beban. Beban berupa lempengan besi dengan beragam berat. Kita bisa memilih sesuai dengan kemampuan kita. 

  • Yoga

Adalah aktivitas mengolah tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernafasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Berbeda dengan 2 aktivitas diatas yang dilakukan dengan cepat dan berat, yoga dilakukan dengan perlahan tetapi ya tetap berat juga 😁.

    Olahraga lain yang lebih simple bisa dilakukan kapan saja dimana saja seperti jalan cepat, lari, atau bersepeda. 

    3. Istirahat yang cukup

    Istirahat diperlukan untuk men-charge kembali tubuh kita setelah melakukan banyak aktivitas seharian. Fungsi tidur adalah memperbaiki sel rusak, meningkatkan energi, dan menghilangkan stress.

    Berdasarkan penelitian Sleep National Foundation setiap manusia membutuhkan jam tidur yang berbeda-beda berdasarkan umurnya :

    • Bayi yang baru lahir (0-3 bulan) : 14-17 jam setiap hari
    • Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam setiap hari
    • Balita (1-2 tahun): 11-14 jam setiap haru
    • Anak-anak prasekolah (3-5 tahun):10-13 jam setiap hari
    • Anak-anak usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam setiap hari
    • Remaja (14-17 tahun): 8-10 jam setiap hari
    • Orang dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam setiap hari
    • Dewasa (26-64 tahun): 7-9 jam setiap hari
    • Orang dewasa yang lebih tua (65 tahun keatas): 7-9 jam setiap hari

    Walau nampak sederhana terkadang sulit untuk konsisten tidur cukup dan berkualitas. Bisa karena sibuk bekerja atau keasikan nonton drama korea 😁

    4. Merawat Tubuh

    Merawat tubuh bukan hanya identik dengan kecantikan tapi juga dengan kesehatan. Mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Coba aja kalau kita tidak keramas 1 minggu, kepala bisa berminyak, gatal-gatal, ketombe, dsb yang berdampak kepada kesehatan kita.

    Hal-hal gampang seperti mandi teratur, sikat gigi teratur, sudah membantu mencegah kita mengunjungi dokter. Setiap keluar rumah siang hari memakai tabir surya. Krim ini itu untuk mata, bibir, kulit, wajah juga bisa membantu menjaga kelembaban kulit.

    5. Bersyukur

    Seperti kata pepatah ‘rumput tetangga lebih hijau’ kadang kita terlalu sibuk melihat kehidupan orang lain, peduli dengan pendapat orang tentang kita yang membuat hidup jadi kemrungsung dan kurang selow. 

    Buat saya meluangkan waktu sejenak untuk berterima kasih dengan berkat-berkat Tuhan yang sudah kita dapat seperti suatu kontemplasi yang memberikan rasa bahagia, meredam emosi, menghilangkan stress, meningkatkan empati dan membuat kita lebih positif. 

    Seperti kutipan syair lagu KJ 439 : 

    Bila topan k’ras melanda hidupmu, bila putus asa dan letih lesu,
    berkat Tuhan satu-satu hitunglah, kau niscaya kagum oleh kasihNya.

    Reff:

    Berkat Tuhan, mari hitunglah, kau ‘kan kagum oleh kasihNya.
    Berkat Tuhan mari hitunglah, kau niscaya kagum oleh kasihNya


    Tulisan ini dibuat dalam rangka #BPN30dayChallenge dari @bloggerperempuan hari ke 12 😍

    Iklan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s