Kunjungan ke Cangkringan : The Lost World Castle, Hobbit House dan Stonehenge

Libur sekolah + lebaran kemarin praktis gak banyak tempat yang dikunjungi. Karena Bunda Dodol ngerangkap jadi baby sitter inval lantaran si mbak asisten mudik. Akhirnya coba main ke tempat yang deket-deket aja. Googling dengan keyword tempat wisata yogya yang hits, eh ada ternyata obyek wisata yang cukup instagrammable di wilayah Sleman. Jaraknya sekitar 16 km dari rumah kakak saya, tempat kami menginap.

Tempat pertama yaitu The Lost World Castle. Namanya bule banget sih ya. Berlokasi di Kepuharjo, Cangkringan. Berbentuk semacam puri dikelilingi benteng yang berlatar pemandangan cantik Gunung Merapi. Walau tahun 2017 sempat ditutup karena masalah perijinan. Kurang lebih karena termasuk daerah rawan bencana, harusnya tidak boleh mendirikan bangunan disana. Tapi pas saya kesana ternyata sudah dibuka kembali.

Tiket masuknya Rp 25,000 rupiah/ orang. Banyak tempat-tempat untuk berfoto ria. Ada yang berbayar ada yang free. Selain bisa berjalan kaki mengelilingi benteng,  kita juga bisa menyewa semacam sepeda yang dipakai dengan duduk ndeprok (halah apa bahasa Indonesianya ya) dan menggunakan tuas untuk mengendalikan gerakannya. Jadi kalai jalan menyusuri tepi bentengnya harus hati-hati agar tidak tertabrak mereka

Capture 3

Di dalam area castle sendiri belum 100% selesai. Masih ada beberapa bangunan yang belum selesai, seperti kapal besar.

IMG_20180625_095118_576_resized
Landscape castle yang cantik berlatar puncak Gunung Merapi

 

Yang sudah siap ada semacam anjungan bertema western dengan kemah Indian, perapian, kuda, berikut penyewaan atribut Indiannya. Juga ada wahana bertema zaman dinosaurus.

Setelah puas berfoto-foto ria, saatnya mengisi perut. Di dalam ada cafeteria-nya dengan menu standar semacam friench fries, mie dan sebagainya. Tapi saya mencoba makan di warung di sekitar area parkiran. Menunya soto dan mie instan.. hehe sama juga ya. Soalnya udara dingin memang perlu yang hangat-hangat.

Selesai makan kita berniat masuk ke Hobbit House. Letaknya persis di sebrang The Lost World Castle.

20180718_151125_resized_1 (002)

Harga tiketnya cuma Rp 10,000 rupiah. Tapi memang luasan areanya cuma kecil. Dan hanya ada beberapa rumah hobbit serta ayunan di dalamnya. Beberapa rumah bisa dimasuki dan ada meja kursi di dalamnya. Sebagian rumah lagi hanya bagian depan saja, tidak bisa dimasuki.

20180624_141203_resized_1 (002)

20180624_141158_resized_1 (002)

Tak perlu memakan waktu lama untuk mengeksplore tempatnya, karena memang hanya kecil saja. Kami lanjut ke Stonehenge. Jaraknya hanya 500 meter dari Lost World Castle.

20180718_151312

Stonehenge yang asli letaknya di di Wiltshire, Inggris. Berasal dari kata Stone dan Henge. Stone berarti batu, sedangkan Henge berarti lingkaran. Stonehenge merupakan lingkaran batu tegak yang berada di dalam lingkup tembok tanah.

Stonehenge yang ada di Cangkringan ini merupakan batu-batu besar sisa erupsi Gunung Merapi tahun 2010 yang disusun menyerupai Stonehenge di Inggris. Bebatuan besar putih berpadu cantik dengan langit dan gunung yang biru serta padang rumput yang hijau,

IMG_20180624_163821_218_resized (002)

Tiket masuk ke Stonehenge versi Cangkringan ini cukup Rp 10,000 saja, kamu sudah bisa berfoto ala-ala seperti di bawah ini. Yang kiri Rianti Catwright di Stonehenge Inggris. Yang kanan Riya gak jelas di Stonehenge Cangkringan 🙂

FB_IMG_1535080808399 (002)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s