FANPEKKA, ISTANA BERMAIN ANAK DI TIMUR JAKARTA

Libur sekolah yang lalu, saya dan anak-anak mencoba wahana permainan yang terbilang masih baru, Fanpekka. Fanpekka terletak di AEON Mall Jakarta Garden City, Cakung. Dari kejauhan sudah tampak mall besar yang ditandai dengan bianglala yang katanya tertinggi di Indonesia.

Terletak di lantai 3, satu lantai dengan food court. Fanpekka berkonsep sebagai sebuah nama pulau kecil di laut Skandinavia, dimana peri Finlandia yang bernama Tonttu mengeluarkan kekuatan ajaibnya.

Dimulai dari gerbang masuknya, tiket masuknya seperti dibawah ini. Jika rombongan atau kita akan sering kesini, sebaiknya membeli voucher yang berisi 20 tiket untuk anak dan pendamping. Satu voucher anak dan pendamping hanya Rp 170.000, lebih murah dari tiket member sekalipun. Masa berlaku voucher adalah 1 tahun.

FPK1

Di dalam area Fanpekka wajib memakai kaus kaki, jika kita tidak membawa, maka bisa membeli kaus kaki disana senilai Rp 20.000. Warna biru dongker, bahannya tebal tetapi tetap lentur dan di bagian kaki terdapat karet anti slip sehingga tidak khawatir anak akan terpeleset saat berlari-lari di lantai.

Selesai membayar, kita masuk ke loket pendaftaran (Pass Intarkasius) yang berkonsep seperti kantor keimigrasian. Disana setiap anak akan mendapat buku passport yang akan di cap setiap kita datang kesana. Kebetulan saat saya datang kesana stock buku passport nya habis. Huuu…sayang banget ya. Tapi tidak apa-apa, karena struk pembayaran bisa disimpan, dan kalau datang kesini lagi kita tetap bisa ambil passport dan bisa mendapatkan 2 stamp sekaligus. O iya si mbak penjaga loketnya juga sangat interaktif sebelum menyerahkan passport dia akan mengajak anak-anak bercerita tentang tujuannya jalan-jalan, ingin pergi kemana saja, dan sebagainya.

fanpekka15

Selain di passport, tangan kita juga dicap dengan cap yang tidak nampak oleh mata kecuali disinari oleh senter khusus petugasnya. Cap ini berguna karena kita boleh lho keluar masuk arena 2 kali dalam hari yang sama. Jadi misalnya mau break makan siang dulu, kita keluar, nanti masuk lagi. Di dalam terdapat locker penyimpanan barang-barang. Makanan, tas, sepatu bisa disimpan disana. Kunci kita kalungkan di leher agar tidak hilang.

Oke, mari kita mulai berpetualang di negeri Fanpekka. Dimulai dari :

  • Light Circle

Di tengah arena terdapat air mancur dengan sinar ajaib. Jika kita mendekati nya, dan bergerak di lantai maka akan muncul sinar di lantai dengan macam-macam warna dan bentuk sesuai dengan gerakan kita.

fanpekka13

  • Lasten Ocean

Anak saya paling senang bermain disini. Wahana berupa ‘lautan’ bola warna biru dan putih dimana terdapat perosotan yang besar, panjat tebing, tali tarzan untuk bergelantungan, meriam untuk melontarkan bola, kapal yang bisa dinaiki, dan juga flying fox sederhana. 

FPK2

  • Lasten Linna

Wahana berbentuk istana yang bisa dimasuki oleh anak-anak. Terdapat lorong-lorong, pintu ajaib, tempat berganti kostum seperti princess, koboi, bajak laut, dan lainnya, perosotan besar dan tinggi yang gambarnya berubah-ubah setiap kita meluncur. Bahkan ada ruangan jika kita ingin merayakan ulang tahun disini. 

FPK3

  • Assembly Leikkimokki

Di tempat ini anak-anak dibantu orangtua bisa membuat sendiri rumah yang cukup besar untuk dimasuki anak-anak, dengan menggabungkan panel-panel papan yang disediakan. Rumah yang sudah jadi bisa kita isi dengan beragam perabotan yang juga tersedia disana. Wahana ini tak hanya seru untuk anak, tapi ayah dan bunda pun bisa menikmati serunya membangun rumah sendiri. 

fanpekka4

  • Toys Corner Leikkinurkka

Di tempat ini terdapat beragam permainan kreatif seperti pasir yang bisa dibentuk, miniatur kota berikut mobil-mobilannya, rumah-rumahan, balok-balok besar, dan sebagainya. 

fanpekka 3

  • Role Play Leikkimokki

Di wahana ini anak-anak bisa bermain role play menjadi beragam profesi. Terdapat booth pizza, kantor pos, mobil pemadam kebakaran, toko es krim, toko bunga, toko buah dan sebagainya, lengkap dengan seragam sesuai profesinya.

FPK4

Puas bermain disana? Buat anak-anak pasti tidak. Jadi tips dan trik nya sebaiknya datang kesana sejak mall dibuka, dari jam 10 pagi, break untuk makan siang. Gampang karena deretan makanan enak tersaji, mulai dari yang global ala Burger King sampai yang khas daerah seperti sate padang Mak Syukur ada disini. Kalau ingin makan di arena Fanpekka pun disediakan tempat makan di dekat arena role play. Selesai makan anak-anak bisa bermain lagi sampai sore, break makan lagi sampe mereka tepar.

Plusnya arena ini sangat banyak, selain bersih, lapang, juga tersedia beraneka ragam permainan yang merancang kreatifitas anak dan kegiatan fisik yang seru.

Beberapa hal yang bisa ditinggatkan :

  • Ketersediaan passport sebaiknya jangan sampai kehabisan.
  • Penjaga di pintu keluar di samping arena makan sebaiknya stand by. Karena seringnya kosong
  • Stok sandal untuk pengunjung agar bisa keluar sementara sebaiknya juga diperhatikan (saat saya ingin keluar hanya ada stock sandal anak-anak, sehingga saya terpaksa hanya pakai kauskaki saat keluar mencari makan)
  • Kostum-kostum di arena role play dan istana tidak dirapikan lagi oleh pengunjung. Padahal sudah disediakan hanger disetiap booth. Mainan juga banyak yang tidak dirapikan kembali. Memang behavior pengunjung yang perlu diperbaiki, mungkin di tahap awal perlu ada penjaga yang mengingatkan.
  • Stempel di tangan pengunjung tidak standar letaknya sehingga saat kita ingin keluar, petugas harus menscan mencari-cari letak stempel tersebut. Punya anak saya di punggung telapak tangan, tetapi punya saya jauh di tengan lengan bagian bawah.

Selain hal diatas, tempat ini akan selalu jadi rujukan favorit anak-anak. Have Fun di FANPEKKA!

 Link salah satu wahana permainan disana

 https://youtu.be/KWvt7Y8WpFI

Iklan

3 respons untuk ‘FANPEKKA, ISTANA BERMAIN ANAK DI TIMUR JAKARTA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s