So Good CERDIK, Menstimulasi Anak untuk Kreatif dengan Cerita Digital Interaktif

Kegiatan mendongeng sangat penting di dalam tumbuh kembang anak. Beberapa hal positif yang bisa didapat dari kegiatan ini. Selain melatih kemampuan mendengar, memperkaya kosakata anak, memperkenalkan gambar, huruf dan sebagainya, cerita juga menstimulasi daya imajinasi anak sehingga dia bisa berpikir secara kreatif.

Si kakak yang kelas 1 SD sudah suka membaca dari kecil, bahkan hampir tiap hari dia mampir ke perpustakaan di sekolah untuk meminjam buku. Hasil dari rajin membacanya tampak dari daya imajinasi dan kreatifnya. Kakak sudah bisa membuat cerita pendek baik berupa selembar tulisan atau gambar seperti komik.

Sekarang,  produsen SO GOOD yang terkenal dengan varian menu daging olahan, meluncurkan buku cerita (dongeng) digital augmented reality yang disebut CERDIK (CERita DIgital InteraKtif). Di setiap kemasan 400 gram bertanda khusus ‘CERDIK’ terdapat hadiah satu buah kartu CERDIK. Setiap kartu berisi  satu buah cerita dongeng.

so good 2

Cara membacanya, terlebih dulu kita install aplikasinya di gadget kita. Aplikasi tersedia gratis di playstore atau bisa klik disini. Berikut tampilan aplikasi di gadget.

so good 1

Untuk membaca dongeng, kita tinggal klik “MULAI’ dan scan kartu dengan cara meletakkan kartu dibawah HP seperti akan kita foto. Nanti akan muncul gambar seperti 3 dimensi di HP kita yang berisi dongeng sesuai dengan judul kartu yang kita dapatkan.

Anak-anak saya begitu exciting melihat gambar yang pop up muncul dari gadget mereka. Si kakak bahkan sudah bisa memandu adiknya untuk memainkan dongeng sampai menjelaskan isi dongeng ke si adik. Adik yang biasanya saking aktifnya tidak bisa duduk diam untuk mendengar cerita dari buku biasa, bisa serius menyimak karena mungkin tertarik dengan tampilan 3D dari dongengnya.

Tapi apa anak-anak aman bermain gadget? Saya sih termasuk kategori ibu yang tidak mengharamkan gadget. Banyak program-program yang baik untuk anak-anak, seperti belajar berhitung, membaca, sampai berlatih piano melalui aplikasi. Tentu kecanggihan gadget tetap perlu diberi batasan-batasan agar anak-anak tidak bergantung atau kecanduan.  Yang biasa saya terapkan :

  • Pendampingan. Selama kita mendampingi anak-anak bermain kita bisa mengetahui apa yang dilihat anak-anak dan memberi penjelasan isi kontenya. Untuk dongeng si CERDIK ini, anak-anak saya banyak bertanya. Mulai dari latar belakang dongeng, daerahnya, karakter tokohnya, dan banyak lagi. Setelah selesai pun kita bisa berinteraksi dengan mereka dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar dongeng yang tadi mereka simak.
  • Pembatasan waktu. Sediakan waktu untuk membuka gadget, missal malam hari sesudah makan malam selama 30 menit. Atau bisa juga menerapkan reward jika anak-anak mengerjakan sesuatu yang baik, maka bisa bermain gadget.
  • Pilih aplikasi. Aplikasi yang kita install dan buka bersama anak-anak adalah aplikasi yang mendidik dan sesuai dengan usia mereka. Konten dongeng CERDIK termasuk salah satu contoh aplikasi yang mendidik dan memberikan pesan-pesan moral kepada anak melalui dongeng.
  • Beri contoh. Ini yang paling susah untuk saya, saya harus membatasi pegang gadget sebagai contoh untuk anak-anak.

Kembali ke aplikasi CERDIK tadi. Jika sudah bosan dengan dongengnya,  kita bisa buka resep di aplikasinya. Ada resep-resep praktis yang kita bisa buat bersama anak-anak. Anak-anak saya suka sekali kalau kita masak bersama-sama. (Paling yang susah saya dan mbak asisten yang harus membereskan ‘kekacauan’ yang mereka hasilkan).

Hal positif lain dari hadiah CERDIK ini, anak saya yang susah makan jadi gampang sekali makan dan nyemil produk-produk SO GOOD. Tahu kenapa? Karena dia berharap SO GOOD nya cepat habis, bunda belanja lagi produknya dan dia dapat tambahan kartu CERDIK baru :).

so good 4

Untuk panduan cara memainkannya bisa lebih jelas dilihat disini :

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s