Jalan-jalan ke Manado (bagian 2)

Cerita sebelumnya soal perjalanan menuju Manado, akomodasi, jalan-jalan di tempat wisata di Tomohon sampai review makan di Tuna House sudah saya tulis di bagian 1 ya.

Hari ke tiga di Manado, rencana perjalanan kami ke Taman Laut Bunaken. Dari hotel kami ke Dermaga Marina yang berjarak hanya 1.7km dari hotel. Saya copy kan petanya, disitu ada Hotel Whiz Prime tempat saya menginap, Dermaga Marina, dan Pulau Bunaken. Juga terlihat Manado Town Square yang saya kunjungi di malam pertama di postingan sebelumnya.

manado 11

Kami tiba di Dermaga sekitar jam 8 pagi, sayangnya cuaca mendung eh malah udah mulai gerimis, angin kencang. Sehingga tampak sekali laut berombak dan kapal terombang-ambing, seperti perasaanku yang terombang-ambing ikut nyebrang gak ya. Secara ya, saya gak jago berenang, lagi haid pula. Jadi kalaupun ke Bunaken gak bisa snorkeling atau diving juga.

manado 20
View dari dermaga Marina Manado

manado 21
Cuaca pagi yang betul-betul gelap bikin ragu untuk menyebrang

Tapi sudah sampai disini, masak iya nyerah sama ombak. Jadilah ditunggu sampai jam 9 kalau cuaca masih buruk juga ya kita akan cari obyek wisata lain. Untungnya cuaca kemudian agak sedikit cerah,sehingga kita cuss berangkat kesana.

Untuk menyebrang ke Pulau Bunaken memakan waktu sekitar 1 jam. Di laut bisa tampak kota Manado, sayang gak bisa ambil foto-foto dengan jelas karena goncangan kapalnya terasa sekali.

manado 15
Jembatan Kota Manado dari Laut

Di tengah jalan kami berganti kapal yang mempunyai dinding kaca di dasarnya. Dengan kapal ini kita bisa melihat dasar laut tanpa menyelam. Batu karang dan ikan-ikannya tampak berwarna-warni. Sesudah beberapa menit melihat pemandangan dasar laut dari atas kapal, kami kembali pindah kapal dan melanjutkan perjalanan ke Bunaken.

manado 13
Tampilan dasar laut dari atas kapal
manado 14
Awalnya ragu nyebrang ke Bunaken, tahu-tahu paling narsis sendiri 🙂

Sampai Bunaken cuaca sudah cukup cerah, walau masih agak gerimis. Kebetulan kami sudah booking tempat di Restoran Nelson, tepat di pinggir pantai. Disana juga ada penginapan guest house dan persewaan peralatan snorkeling dan diving. Mamak seperti saya sih cukup menunggu di restoran sambil minum air kelapa muda dan nyemil pisang goroho goreng dan sambel terasi. Sedikit berbeda dengan pisang goreng di Danau Linow yang dimakan dengan sambal Roa kemarin. Harga pisangnya 30,000 untuk 1 porsi.

Selesai nyemil pisang goreng kami jalan-jalan kaki di seputaran pantai. Banyak penjual souvenir. Kaus, daster dan celana pendek Bunaken dijual antara 35,000 – 50,000 rupiah. Gantungan kunci dan tempelan kulkas 20,000. Masih lumayan lah.

manado 22

Akhirnya… Lunch Break!!! Menunya sumpah sampe bingung makannya. Ada tumis kangkung bawang putih, tumis daun dan bunga papaya, gulai ayam dan kentang, ikan bakar 2 jenis (saya gak tau nama ikannya :)), sop ikan, ikan woku, bakwan dan buah-buahan.  Dan semuanya enak atau saya teramat sangat lapar karena kami baru makan jam 2 🙂

manado 18

Selesai makan, kami cuzz kembali ke Manado. Hari itu saya istirahat sejenak di hotel. Secara udah uzur ya, jadi harus bisa ngukur stamina :). Malamnya makan malam di Restoran Wisata Bahari. Jaraknya sekitar 3 km dari Hotel. dari Manado Town Square tinggal tarik garis kebawah sedikit kalau di peta.

Restaurant-Wisata-Bahari
Sumber : http://www.seputarsulut.com

Semua review tentang menu makanan restoran disini ok semua. Tapi entah karena saya sudah super duper kenyang atau salah pilih menu, dari menu yang dipesan gak menemukan yang bener-bener memorable di lidah. Kalau boleh milih sih kayaknya menjelajah kuliner pinggiran di depan hotel lebih menyenangkan.

manado 19
Sebagian menu Wisata Bahari yang dipesan

Pulang ke hotel. Packing karena kami harus kembali ke Jakarta dengan pesawat jam 7.45 pagi. Kembali naik Batik Air, dengan menu makan yang persis sama dengan saat berangkat. Nasi uduk dan nasi goreng. Bedanya cuma penerbangan ini TV nya hidup. Jadilah bisa nonton film. Tapi apa daya super duper tepar, alhasil di pesawat cuma tidur sampai tiba..hihi 🙂

manado 17
Bye Bye Manado
Iklan

3 respons untuk ‘Jalan-jalan ke Manado (bagian 2)