Nikmati Kopi Kapal Api Sejenak, Untuk Suasana Hati yang Jelas Lebih Enak

Sejak jaman kuliah dulu, sebagai anak teknik sipil dengan tugas yang bertumpuk, saya jadi sering sekali begadang. Seperti kata Bang Haji Rhoma Irama, Begadang boleh sajaaa….kalau ada perlunya…. Cuma kalau dilakukan setiap malam, entah karena tugas yang kebanyakan, atau saya yang lelet ngerjainnya, L5 juga, Lama-Lama Lelah Letih Lesu juga. Pagi-pagi bangun dengan terkantuk-kantuk padahal harus kuliah. Di kelas pun nggak bisa konsentrasi. Nah biar badan lebih fresh setelah habis begadang, pagi-pagi saya pasti menyeduh se-sachet kopi.

Dari semua merk kopi yang ada saat itu di pasaran, Kopi Kapal Api menjadi pilihan. Favorit saya adalah Kopi Kapal Api Special Mix. Buat saya paduan kopi dan gulanya pas banget untuk diseduh dengan satu cangkir air panas. Tidak terlalu manis, pahit dan kentalnya kopi pas di lidah. Aromanya juga enak banget, belum diminum sudah terasa meng-energize tubuh. Suasana hati yang tadinya bawaan bantal, langsung energik. Masuk kuliah bisa gak 5L lagi tapi berganti 5S, Saya Sekarang Sudah Segar & Semangat. Suasana hati pun menjadi Jelas Lebih Enak.  Hal ini karena kopi mengandung stimulan bernama kafein, yang bila dikonsumsi akan mempengaruhi cara kerja otak dan menghasilkan efek rangsangan yang dapat meningkatkan level energi, suasana hati, kesadaran dan fungsi otak.

Cara menyeduh Kopi Kapal Api yang pas buat saya adalah air yang dipakai harus panas. Bukan air dari dispenser atau thermos air. Konon suhu yang pas untuk air seduhan kopi adalah 90°C – 95°C. Sebagai pembanding suhu dispenser cuma berkisar 70-80°C. Karena anak kost gak punya thermometer, jadi biasanya saya masak air sampai mendidih, kemudian didiamkan selama 1.5-2 menit. Karena saya pakai Kopi Kapal Api Special Mix sachet-an, jadi tinggal menuangkan kopi ke dalam gelas, kemudian air panasnya kita tuang perlahan-lahan. Kalau saya pakai Kapal Api tanpa gula, biasanya gula saya tambahkan setelah kopi dan air.

Setelah tamat kuliah, saat bekerja, hobi menyeduh kopi di pagi hari tetap berlanjut. Walau di seputaran kantor bertebaran kedai-kedai kopi tetap pilihan saya Kopi Kapal Api. Ngirit? Ya iya sih salah satunya..haha, tapi saya memang gak suka rasa-rasa kopi di café-café yang terlalu fancy buat saya.  Kopinya pun tetap kopi ala anak kost dulu. Sedikit lebih modern karena di dapur kantor ada coffee maker dan French press serta Office Girl yang rajin membuatkan kopi. Saya cukup menyediakan serenceng kopi sachet Kapal Api Special Mix.

kapal api 2

Di rumah, saya juga menyetok Kopi Kapal Api. Tetapi karena selera kadar gula orang di rumah berbeda-beda, saya membeli Kopi Kapal Api Special tanpa gula. Si ayah suka agak pahit, saya middle, dan si mbak suka yang manis. Dan ternyata penting juga punya kopi asli tanpa gula begini, karena bisa dipakai untuk maskeran dan luluran… penting buat mak irit seperti saya… haha…

Jadi manfaat kopi untuk kecantikan kulit antara lain :

  • Mengangkat Sel Kulit Mati. Tekstur kopi bermanfaat seperti scrubbing untuk mengelupas sel-sel kulit mati, sehingga kulit menjadi lebih bercahaya, tidak kering dan kusam.
  • Membuat kulit wajah lebih lembut, kencang dan lebih sehat, Karena kafein pada kopi berperan dalam mengurangi garis-garis halus pada wajah.
  • Mencerahkan kulit dan mengurangi noda pada wajah.

Ada beberapa jenis masker yang bisa dibuat dari Kopi Kapal Api Special :

  1. Masker Kopi Kapal Api Original

Ini paling gampang, karena kita tinggal menyeduh 2 sendok Kopi Kapal Api Special dengan air panas. Diamkan sampai dingin. Ampas kopi di dasar gelas bisa langsung dioleskan ke wajah sambil dipijat-pijat. Diamkan selama 10 menit, kemudian dibilas seperti biasa. Untuk lebih praktis (dan irit) nya bisa dipakai ampas yang tertinggal di alat coffee maker atau French press.

2. Masker Kopi Kapal Api dan Putih Telur

Caranya mirip dengan masker kopi original, hanya saja ampas kopi kita campurkan dengan putih telur sebelum dioleskan ke wajah. Perpaduan dua bahan ini membuat kulit lebih kencang dan mengurangi garis-garis keriput di wajah.

3. Masker Kopi Kapal Api dan Madu

Masker kopi original kita tambahkan dengan satu sendok makan madu. Dioleskan dan dipijatkan ke wajah. Berfungsi menjadikan kulit lebih halus, bersih dan lembab.

Maskerannya bisa diselang-seling antara bahan-bahan diatas, cukup seminggu satu atau dua kali, dan taraaaa….kopi habis wajahpun klimis…haha…

Selesai ngopi cantik, badan segar, muka juga lebih cetar, gimana hati gak jadi Jelas Lebih Enak?

Ini #KapalApiPunyaCerita versiku, mana versimu?

====

Update, karena ngirim tulisan di awal periode, jadilah dapet hadiah hiburan voucher MAP Rp 200,000 dari Kopi Kapal Api :). Lumayaan…secara ya kalo lomba-lomba blog gini juaranya bener-bener bagus baik tulisan, foto, lay out tampilannya. Kita belum di level itu lah, cukup level ngopi-ngopi cantik sambil nulis urek-urek.

 

 

 

 

 

 

Iklan

2 respons untuk ‘Nikmati Kopi Kapal Api Sejenak, Untuk Suasana Hati yang Jelas Lebih Enak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s