Membeli Tiket Kereta via Traveloka

Kereta adalah moda transportasi favorit saya sepanjang masa. Tak lekang oleh jaman, eciyeee… Keunggulannya banyak buat saya :

Pertama, kereta bebas macet. Masih inget kan kejadian Brexit, kemacetan parah di gerbang tol Brebes Exit. Nah kalau kereta kan mau low season, high season, peak season, ya durasi perjalanannya segitu-segitu aja. Lebih bisa diprediksi.

Kedua, tidak menyebabkan mabuk. Dulu saya kecil gampang banget mabuk. Mau naik mobil bagus, mobil jelek, mobil kecil, bus gede, ya tetep aja harus siap-siap antimo dan plastic kresek. Semakin besar, makin kuat daya tahan mabuknya, e la tapi, kok ya dapet bedinde, pengasuh anak yang pemabuk berat. Jadilah kalau saya mau jalan-jalan atau mudik membawa dia, ya harus naik kereta.

Ketiga, setelah jadi emak-emak dengan dua anak yang super duper pencalitan dan petakilan. Kereta Api sangat mengakomodir aktivitas mereka. Anak-anak bebas berdiri, duduk, tidur di kursi, ndelosor di lantai, jalan-jalan di sepanjang koridor depan ke belakang. Bawa saja kain atau koran untuk dihampar di lantai. Kasih mainan. Beres, emak pun bebas duduk manis selonjoran.

ben2
Begini nih gaya si kecil kalau di Kereta, serasa di rumah sendiri aja, lari-lari di lorong gak pake baju, guling-guling di lantai…Kayak gini gak mungkin bisa diakomodir pesawat atau bus malam kan? 🙂

Keempat, harga tiket kereta sangat variatif. Mulai dari yang murah sampai yang mahal. Contoh untuk tiket dari Jakarta ke Yogya di bulan Januari ini, tiket termurah dimenangkan oleh….jreng…jreeeng….PROGO!!! (applause penonton). Seharga 125.000. Jaman sekarang tiket murahnya pun tidak murahan. Kereta Api Ekonomi sudah sungguh amat sangat nyaman. Full AC dan semua penumpang mendapat seat. Kalau mau yang mewah bisa pilih kereta Eksekutif. Untuk tanggal yang sama harga mulai dari 260.000.

tiket KAI
Sumber : Traveloka

Kekurangan Kereta buat saya, jumlah trayek dan seat nya terbatas. Jadi kalau long weekend atau peak season, siap-siaplah berebutan. Antri sambil berdiri, mpet-mpetan, keringetan. Setelah sabar menanti antrian maju, eh pas tiba giliran kita di depan loket keabisan…. hiks…

antri kai
Sumber : Tempo.co

Untungnya mulai awal tahun kemarin Traveloka sudah menjadi partner resmi PT KAI. Rebutan saat peak season sih tetep ada ya. Cuma kita bisa lakukan sambil duduk manis di rumah ngelonin bocah, atau santai di pantai sambil pegang HP. Untuk tiket-tiket laris manis kayak tiket lebaran, tinggal hidupkan alarm  tepat jam 00.00, 90 hari sebelum hari keberangkatan. Soalnya PT KAI menyediakan tiket mulai dari 90 hari sebelum hari keberangkatan. Kriiiing….begitu alarm bunyi (itu bunyi alarm apa telpon siiih),  jam 00.00 langsung buka computer atau HP dan pesan tiket.

Begini step-stepnya kalau kita akan memesan tiket via website http://www.traveloka.com :

Pertama tentu buka websitenya http://www.traveloka.com. Di bar atas terdapat pilihan Penerbangan, Hotel, Kereta, Penerbangan + Hotel, Top Up & Paket Data, Atraksi dan Aktivitas.  Klik  Kereta.

KAI 8

Kemudian kita akan diminta mengisi stasiun asal, stasiun tujuan, dan tanggal keberangkatan. Jika sudah maka akan ada pilihan beberapa Kereta Api yang melintasi stasiun tersebut.  Pilih salah satu sesuai dengan jadwal dan anggaran yang kita inginkan.

Sesudah Kereta kita pilih, kita akan diminta untuk melengkapi data diri, termasuk email address dan nomer telpon, karena notifikasi tiket akan dikirimkan kesana. Sama seperti naik pesawat, naik Kereta Api juga memerlukan pencocokan identitas. Pastikan bahwa nama dan nomer ID yang kita tulis sama dengan ID yang akan kita bawa. Karena sungguh-sungguh terjadi lho, pembantu saya di rumah setahu saya namanya Daryuni, lha kok pas periksa KTP ternyata KTP nya Danesah….Jauuuh beetss ya bookkk…Terpaksa drama di gerbang pemeriksaan.

Keunggulan pesan di http://www.traveloka.com, kita bisa memilih seat sendiri. Karena di layar terpampang nyata gambar di tiap gerbong, mana yang masih kosong, mana yang isi, ini dianya yang terbelakang… kosong… kosong… isi… isi… yeee jadi nyanyi deh tuh lagu Ular Naga.

KAI

Dari tampilannya tinggal dipilih, dipilih, dipilih, mau yang dekat jendela biar bisa memandang keluar, dekat lorong biar bisa lari-larian kayak anak saya, dekat WC karena beser, dan lain-lain.

Sesudah dipilih, maka akan tampil rincian pesanan kita. Periksa lagi nama, tujuan dan data lainnya. Harganya ditambah unique code sebagai identifikasi pembayaran kita. Biasanya unique code menambah jumlah transferan, tapi disini mengurangi jumlah transferan…yipppii…lumayan lho, Rp 953 bisa beli bakwan bonus cabe rawit. Coba bandingkan dengan beli di stasiun langsung, udah pegel, keringetan, haus, pasti malah tekor beli minum dan cemilan…hihi… #EmakIrit.

KAI 2

Cara bayarnya banyak pilihan :

KAI 4

  • Transfer ke bank BCA, Mandiri, BRI, BNI.
  • Kartu Kredit, cocok nih buat emak-emak yang mau menunda pembayaran…hihi…lumayan kan pulang jalan-jalan, tagihan kartu baru keluar.
  • ATM bisa dari semua bank yang bertanda ALTO, PRIMA, ATM bersama. Cuma #EmakIrit tidak pakai metode ini, soalnya ada biaya administrasi bank antara Rp 6500-Rp7500.. yaaa gak jadi beli gorengan donk
  • CIMB clicks, Mandiri Clickpay dan BCA Klikpay buat saya yang paling enak sih, karena tidak perlu ngapalin jumlah angka keriting yang harus ditransfer…haha…
  • Alfamaret dan Indomaret. Inget ya jangan tambah jajan disana 🙂

Sudah praktis, ekonomis eeeh masih ada bonus tambahan lho… Traveloka suka kasih promo-promo ke penggunanya.  Masuk aja ke link promosinya : https://www.traveloka.com/en/promotion/

Bisa dipilih jenis promo yang kita perlukan, apakah tiket pesawat, kereta api, hotel dan sebagainya. Untuk bulan Oktober ini, ada diskon 20% sampai dengan Rp 30,000 dengan memasukkan kode kuponnya.

Nah kan kalo tiket 500,000 an bisa dapet diskon 30,000….si bakwan ada temennya deh. Bang bakso, sini bang…pesen 1 mangkok!

KAI 6

Oh iya, buat yang versi applikasinya gak kalah gampangnya kok. Traveloka App bisa diunduh di ponsel Android atau iOS.  Caranya bisa diintip dari video berikut ini,

Happy Travelling… Tut…tut…tut…

====

update : dapet hadiah hiburan voucher KA dari Traveloka, cuma karena gak bisa naik kereta dari Sumatra jadinya cuma dikasih ke temen sih hadiahnya 🙂

 

 

Iklan

3 respons untuk ‘Membeli Tiket Kereta via Traveloka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s