Mau Sehat dan Cerdas? Yuk Makan Ayam & Telur

Siapa sih yang tidak kenal ayam dan telur. Rasanya di rumah, di warung pinggir jalan. di restoran fast food, sampai ke restoran yang mahal, menu ini tersedia. Entah sebagai main course atau hidangan pelengkap.Ayam goreng, bakar, penyet, panggang. Telur rebus, ceplok, dadar. Bubur ayam, lontong sayur, nasi goreng, semua tambah sedap kalau ditambah ayam dan telur.

PhotoGrid_1506397797361-640x640

Di rumah pun selalu tersedia ayam dan telur. Selain enak, praktis dan juga ekonomis.

Praktis

Karena dimana saja bisa dibeli. Di pasar tradisional, di abang sayur keliling, di mini market dan warung kalau sekedar telur pasti jual, sampai di supermarket dan hypermarket besar. Mengolahnya gampang, setidak bisanya masak seseorang, pasti bisa bikin telur ceplok dan sekedar goreng ayam.

Ekonomis

Karena memang dibandingkan dengan menu lain, harga telur dan ayam cukup bersaing. Apalagi jika kita bandingkan nilai kandungan gizinya. Dibawah ini adalah tabel yang menunjukkan perbandingan harga/gram protein dari beberapa bahan makanan. Harga telur dan daging ayam masih dibawah tempe dan tahu. Jadi ibu-ibu seperti saya, yang mendadak jadi ahli matematika kalau sedang belanja, tidak usah ragu untuk menambahkan ayam dan telur ke dalam menu sehari-hari kita.

perbandingan harga
Sumber : http://www.pinsarindonesia.com

Apakah Telur dan Ayam juga Sehat dan Bergizi?

Mari kita ulas satu-satu.

Telur mengandung banyak kandungan gizi dan mempunyai banyak manfaat, yaitu :

  • Kaya akan protein

egg 2
Sumber : http://www.thinkegg.com

Dalam 1 butir telur terdapat sekitar 6.5 gram protein. Protein berfungsi untuk merangsang pertumbuhan, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, membantu pembentukan jaringan tubuh baru yang sehat. Telur juga mengandung 9 jenis asam amino

  • Mengandung vitamin, nutrisi dan folat

egg 4
Sumber : http://www.thinkegg.com

Telur mengandung sejumlah vitamin, nutrisi dan folat yang berguna bagi tubuh.

eye

 

 

Di dalam telur terkandung Vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata. Selain itu juga terdapat dua antioksidan Lutein dan Zeaxanthin yang biasanya berkumpul di area retina mata dan bertugas mencegah dari berbagai masalah pada mata.

 

 

 

 

baby

Bagian putih telur mengandung ribiplafin, selenium, kolin, niasin, betain, B12 dan folat. Semua kandungan tersebut berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya

Telur juga mempunya banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti zat besi, vitamin D, E, K, Kalsium, Seng dan Mineral. Vitamin D dan kalsium berguna untuk kesehatan tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Vitamin A, E, asam amino dan mineral baik untuk kesehatan rambut dan kuku.

 

  • Pembentukan otot

otot

Mungkin teman-teman pernah membaca berita tentang binaragawan Ade Rai yang bisa menyantap berpuluh butir putih telur dalam sehari. Ternyata memang benar, di dalam telur terdapat protein yang cukup tinggi yang selain menyehatkan juga membantu perkembangan otot. Itu sebabnya para atlet, binaragawan, atau pria-pria di klub kebugaran yang ingin membentuk otot tubuh banyak mengkonsumsi telur.

 

 

  • Kekebalan tubuh

Selenium dalam kandungan telur bagus di dalam meningkatkan system kekebalan tubuh

 

  •  Kecantikan

beauty

Ingin wajah kenyil-kenyil, kencang dan mengurangi keriput? Pori-pori mengecil, komedo berkurang, jerawat hilang, mencerahkan wajah? Pakai masker telur secara teratur. Caranya campur putih telur dengan madu, oleskan pada wajah seperti menggunakan masker biasa. Diamkan sampai mengering, kemudian bilas seperti biasa.

Ingin menghaluskan tangan dan kaki? Campurkan putih telur dengan yoghurt. Oleskan secara teratur pada tangan dan kaki.

Sebagai pelembab rambut atau menghilangkan ketombe. kita bisa pakai putih telur sebelum keramas. Diamkan sebentar baru dibilas dan bershampoo seperti biasa.

Untuk kulit yang terbakar sinar matahari, kita bisa oleskan putih telur dengan madu dan lemon ke kulit tersebut.

 

  • Rendah kalori dan bebas lemak

weight

 

Telur mengandung banyak protein tapi rendah kalori. Sehingga mengkonsumsi telur bisa membuat perut kenyang, sehingga keinginan makan berkurang tanpa membuat kegemukan.  Di dalam putih telur tidak terdapat kandungan lemak, sehingga kita tidak perlu cemas akan resiko kolestrol dan jantung.

 

 

 

Ayam. Seperti halnya telur, ayam mempunyai kandungan protein, vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Vitamin dalam daging ayam terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

  • Vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan menajamkan pengelihatan.
  • Vitamin B berperan untuk mengatasi dan mencegah katarak, menjaga sistem kekebalan tubuh, sistem pencernaan, sistem saraf, serta dapat mengatasi gangguan jantung, diabetes, dan kolesterol tinggi.
  • Vitamin D berperan untuk membantu penyerapan kalsium serta menguatkan dan menyehatkan tulang sehingga mencegah osteoporosis atau kekeroposan tulang.

Kandungan mineral di dalam daging ayam terdiri dari zat besi dan fosfor. Fungsinya adalah mencegah anemia, menjaga kesehatan otak, tulang dan gigi serta dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh.

chicken
Sumber : http://www.recipethis.com

O iya ayam juga berfungsi sebagai anti depresan alami lho. Kandungan triptofan pada unggas akan meningkatkan kadar serotonin di dalam otak, meningkatkan mood dan meredakan stress. Coba saja saat lagi suntuk, nikmati semangkok hangat sop ayam…hmm..yummy…jadilah chicken soup for the soul….hihi..

Untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya manfaat ayam dan telur, pada tanggal 15 Oktober 2011 dicanangkan  Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) oleh Menteri Pertanian Dr. Ir. Suswono, MA di Jakarta.

Tidak hanya di level nasional, di level international World Egg Day (WED) juga ada lho. Pertama kali ditetapkan di Wina, Austria pada tahun 1966 oleh International Egg Commission (IEC), dan jatuh di hari Jumat minggu kedua di bulan Oktober. Untuk tahun 2017 jatuh di tanggal 13 Oktober.

Nah sudah diakui kan manfaat dan gunanya telur dan ayam bagi tubuh. Jadi tidak perlu ragu mengkonsumsi ayam dan telur di dalam menu sehari-hari.

Sebagai penutup mari kita cemil ayam dan telur sambil menonton video liputan RCTI tentang manfaat ayam dan telur yang saya ambil dari website http://www.pinsarindonesia.com

 

 

 

Iklan

6 respons untuk ‘Mau Sehat dan Cerdas? Yuk Makan Ayam & Telur

  1. Di rumah setiap hari harus ada menu ayam. Ini karena Anak laki-laki saya yang mau makan kalau lauknya ayam…kalau di kecil Ayunda sukanya telur ceplok 1/2 matang. Satu keluarga beda kesukaan. Tetapi seneng juga bisa melengkapi kebutuh protein hewani setiap saat. Gut lak ngontesnya ya mbak….

    Suka

  2. saya ini juga penyuka telur mba, makanya selalu sedia telur di kulkas. Ternyata eh ternyata, manfaatnya luar biasa yah… Salam kenal ya mba. BTW, saya juga ikutan loh, KUYlah mampir sejenak ke blog Ndeso saya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s