Planning Your Wedding

Waktu keponakan saya mau menikah sempet surprise juga, uhuk… berasa tua ya. Trus langsung sadar dan sok dewasa lagi

“Dek persiapannya udah apa aja? ada yang bisa dibantu?”

“Belum nih tante, emang apa aja yang perlu disiapin?”

Jreng-jreng…langsung deh si tante yang kerjaannya jembreng biaya dan terbiasa lihat schedule proyek (yang seringnya overrun dan molor) keluarin semua file-file yang tersimpan di hard disk dari jaman prepare nikahan dulu.

Yah seperti laiknya proyek perlu dihitung berapa estimasi biaya, sumber pendanaan, pos-pos pengeluaran, timeline dan siapa-siapa aja PIC pelaksananya. Jadi kurang lebih urut-urutannya begini : (kenapa harus diurutin, ya karena pegel, jadi diurut).

  • Pastikan ada yang mau menikah dengan kita ya. Kalau belum sebaiknya kita skip dulu saja membaca kelanjutan postingan ini. Tetapi baca postingan sebelumnya tentang pencarian pasangan …hihihi..
  • Urusan pertemuan keluarga, pemberitahuan ke keluarga besar, lobby-lobby camer, menentukan tanggal pernikahan, diatur sendiri lah ya. Saya share pernak-pernik terkait biaya dan acara nya saja
  • Konsep Acaranya juga bisa beda-beda. Ada yang Akad Nikah atau pemberkatan saja. Ada yang pakai resepsi, Ada yang Pesta Adat 7 hari 7 malam, dst.  Tema pernikahan juga bisa outdoor, indoor, tradisional, modern, dll. Tema pesta berdasarkan warna kesukaan juga bisa. Saat saya menikah dulu, untuk resepsi kami ambil adat Jawa dan nuansa hijau.
wedding 1
Sumber : Dokumen Pribadi
  • Merencanakan Budget Pernikahan dan sumber pendanaannya. Apakah APBD (Anggaran Patungan Ber-Dua), ataukah dapat rejeki semua di cover mertua, ataukah dapat endorsement / sponsor (ya kali gue Nagita Slavina dan Rafi Ahmad…haha).
  • Membuat check list dan Mengatur timeline proses-proses yang harus dilakukan sebelum hari H.  Untuk membantu saya sudah buat file excel nya yang bisa di download disini : Wedding Plan-blank

Isinya terdiri dari beberapa sheet, bisa diisi sesuai kebutuhan, dicetak dan di-share ke PIC atau panitia acara yang membutuhkan. dimulai dari :

1. Cover

Langsung bisa diisi nama kita, pasangan, tanggal dan lokasi acara. Data ini akan langsung link ke semua sheet di file ini.

2. Time Schedule

Kamu bisa tulis aktivitas-aktivitas utamanya sebagai milestone, dan kegiatan apa untuk mensupport aktivitas itu. Misalnya :

  • Tanggal 1 Januari 2018 : Perkenalan
  • Tanggal 1 Maret 2018 : Lamaran
  • Tanggal 1 Mei 2018 : Malam Midodareni
  • Tanggal 2 Mei 2018 : Pemberkatan / Akad Nikah
  • Tanggal 3 Mei 2018 : Resepsi

Didalam setiap kegiatan utama itu perlu ada kegiatan pendukung sebelumnya. Misalnya untuk Aktivitas Lamaran tanggal 1 Maret 2018, berarti harus disiapkan :

  • pemberitahuan ke keluarga yang akan hadir di acara lamaran di bulan Februari
  • Booking salon untuk make up dan hair do di bulan Februari
  • Jahit kebaya lamaran di bulan Januari atau bahkan Desember
  • Pesan catering untuk acara di bulan Januari

Kalau semua aktivitas disiapkan detail, mudah-mudahan tidak ada hal yang tertinggal dan budget yang tidak terprediksi.

3. Budget

Dari semua kegiatan yang sudah kita tuliskan di point no 2, hitung asumsi biayanya. Catat Budget dan juga aktualnya. Pos-pos yang biasanya menyita dana besar antara lain :

  • Pakaian capeng dan keluarga (kebaya, jas, dsb)
  • Sewa Gedung (untuk sewa gedung di Jakarta banyak yang sudah di-booked 1 tahun sebelumnya :))
  • Catering
  • Make Up Artist / Salon
  • Dekorasi
  • Photo Pre wedding maupun saat acara-acara berlangsung
  • Undangan dan Souvenir
  • Serah-serahan untuk pengantin saat lamaran
  • Undangan dan souvenir

wedding 2

4. Cash Flow

Dulu sih saya mencatat transaksi uang masuk dan uang keluar. Kalau memang dananya cukup besar dan tidak mau bercampur dengan dana pribadi sehari-hari, bisa dibuat rekening terpisah. Biasanya juga berguna karena tidak semua uang keluar kita manage sendiri bisa di pegang oleh panitia lain, jadi catatan ini berfungsi sebagai kontrol juga.

5. Daftar Tamu Mempelai Perempuan & Laki-Laki

Selain untuk mengestimasi jumlah undangan yang akan dipesan, pembuatan label nama dan alamat juga untuk menghitung asumsi jumlah porsi makanan yang akan kita pesan. Oleh sebab itu dari 1 undangan bisa saja yang hadir 1 orang atau 4 orang atau bahkan 10 orang.

Jangan lupa juga mencatat berapa orang yang kita undang melalui email ataupun fax. Undangan melalui social media tidak disarankan karena kita tidak bisa tahu pasti berapa jumlah orang yang akan hadir. Walaupun ada tombol konfirmasi, tetapi tidak semua orang klik.

Beberapa hari sebelum hari H kita bisa hubungi tamu untuk mengkonfirmasi kehadirannya.

6. Daftar Panitia

Untuk menghandle acara pernikahan kita akan perlu bantuan saudara dan kerabat. Karena itu perlu dibuat daftar panitia beserta data nomer telponnya. Karena panitia bisa berasal dari pengantin laki-laki dan perempuan sehingga kemungkinan belum terlalu mengenal melalui beberapa rapat keluarga.

Nomer kontak person vendor terkait juga bisa dicantumkan di daftar ini.

7. Job Desc Panitia

Agar pekerjaan tidak saling tumpang tindih atau tidak ada yang menghandle sama sekali, maka perlu ditulis deskripsi pekerjaan tiap panitia.

8. Nomer Telpon Vendor

Di sheet terakhir saya cantumkan nomer dan alamat vendor catering, dokumentasi, dan rias pengantin. Data per tahun 2010, jadi mohon maaf jika ada yang sudah tidak akurat.

Nah kalau kamu ingin data yang terkini, kamu bisa mulai searching, browsing, googling, telepon sana sini, mondar mandir lihat contoh dekorasi, test food, survey salon, dan sebagainya. Capek? Sudah pasti. Tapi ada kok cara praktis dan efisien buat dapetin semua data sekaligus. Mau tahu apa mau tahu banget? Tapi kalopun kamu mau tempe tetep kukasih tahu sih.. hihi garing.

Oke, kita cukup datang dan hadirilah…. jreng jreng jreeng…. BEKASI WEDDING EXHIBITION yang ke 4. #BWE4 pada 26-28 Januari 2018 jam 10.00 – 21.00. Dimana? Ya di Bekasilah.. masak di Jonggol…ya lagu donk.. hihi..

Pameran pernikahan terbesar di Bekasi ini diadakan di Grand Galaxy Convention Hall
Grand Galaxy Park Mall lantai 2
Jl. Grand Galaxy Boulevard No.1 Bekasi 13450

Disana kamu bisa menemukan beragam kebutuhan pernikahan seperti catering, dekorasi, entertainment, gedung pernikahan, dan lain sebagainya dalam satu tempat dengan harga super duper promo. Selain itu juga ada doorprize harian dengan hadiah seperti kamera mirrorless, wedding ring, dan lain sebagainya untuk setiap transaksi. Grand Prize super duper keren, satu set perlengkapan ruang tidur lengkap. Wow, kalau sampai dapet anggaran bisa berkurang kan?

Untuk dapetin tiketnya kamu bisa masuk ke link berikut ini :

http://www.bekasiweddingexhibition.com/tiket/

Kalau ingin tahu rincian detailnya bisa menghubungi 021-82425638 atau 081915544186 atau email : bekasiweddingexhibition4@gmail.com.

Mau intip media sosialnya? Bisa :

OK ready for wedding?

Happy Planning!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s