Weekend Activities : Belanja di Pasar sampai Bersih-bersih kulkas

Hehe…acara weeekend kita kali ini bener-bener super hemat dan bermanfaat. Diawali dengan pagi-pagi disetirin si ayah ke pasar. Ekspektasi bunda sih ayah nunggu aja di parkiran atau sarapan di warung sate padang di pinggir pasar, eh ternyata dia mau ngikutin bunda mblusuk ke dalam-dalam…huaa antara so sweet sama so sweat (gerah jadi keringetan). Entah saya yang terlalu mandiri atau kebiasaan sendiri ya jadi saya seneng blusukan belanja sendiri. Tau kan pola belanja perempuan, masuk, belok kiri, belok kanan, belok kiri lagi, kanan lagi, dst, dst, sampe 70 belokan baru kelar. Nah kalo didampingi paspampres gini kan harus bikin pergerakan yang lebih efektif dan efisien.

Akhirnya selesai juga belanja komplit untuk satu minggu. Lumayan ada yang bantuin nenteng. Buat tanda ucapan terimakasihnya, bunda kasih hadiah semangkok bubur ayam di warung deket pasar

Warungnya Bubur Ayam Jakarta Ami, letaknya di Jalan Sekolah, Rumbai. Kalau kita masuk dari jalan Yos Sudarso letaknya di sebelah kiri jalan. Di sebelah Indomaret dan tempat main game gitu.

Bubur nya model bubur ayam di resto2 china, dimana bubur nya super cair bukan seperti bubur ayam brebes atau cirebon yang kental dan memakai kuah. Ayam di bubur ami ini tidak disuwir kasar, tetapi halus bercampur di dalam adonan buburnya. Bisa ditambah dengan telur yang di cemplungkan langsung di dalam kuah buburnya yang super panas sehingga langsung matang.

Penyajiannya dengan cakwe dan kerupuk dalam mangkok terpisah. Cuma harus hati-hati karena super panas jadi lidah bisa keslomot.

Dari pasar langsung ke rumah, beberes belanjaan. Sudah sejak pindahan agak merasa gengges sama isi kulkas. Maklum mak rempong jarang ke dapur, jadi si mbak lah yang paling sering ngubek-ngubek kulkas. Dan 8 dari 9 mbak yang pernah kerja sama saya biasanya gak peduli soal isi kulkas. Pokoknya semua plung-plung di dalam sana, dan lupa dikeluarkan pula. Beda-beda tipis sama TPA = Tempat Pembuangan Akhir…ya kali…sampah…

Okeh mari kita singsingkan lengan baju. Langkah-langkahnya :

1. Persiapan

  • Siapkan kain pel dibawah kulkas, untuk antisipasi lantai basah
  • Siapkan wadah-wadah besar, saya pakai tampah dan baskom gede untuk menampung isi kulkas
  • Siapkan lap bersih, saya siapkan 2 untuk lap basah dan lap kering
  • Siapkan pembersih. Untuk amannya pakai larutan soda kue saja. Boleh dicampur air jeruk nipis biar wangi
  • Siapkan wadah-wadah bersih dan kantung-kantung plastik bening untuk mengorganisir isi kulkas. Saya suka yang bening karena keliatan isinya.

2.  Cabut colokan kulkas. Menghindari kesetrum. Buat beberapa model kulkas juga untuk mencairkan bunga esnya.

3. Keluarkan semua isi kulkas tanpa kecuali. Kalau ada daging-dagingan atau ASIP boleh dimasukkan ke dalam cooler box sementara menunggu kulkas dibersihkan.

4. Keluarkan bagian kulkas yang bisa dicopot, cuci dan dijemur.

5. Lap bagian dalam kulkas dengan lap basah yang sudah dibubuhi baking soda. Kemudian lap lagi dengan lap kering. Dilanjutkan dengan mengelap bagian luar kulkas.

6. Jika kulkas sudah bersih, kabel powernya bisa dihidupkan kembali

7. Sortir isi kulkas yang sudah kita keluarkan. Buang yang sudah jelek atau kadaluwarsa.

8. Masukkan isi kulkas ke dalam wadah yang bersih, kering dan tertutup.

9. Tata kembali di dalam kulkas

Saya lupa foto before-nya. Sebelumnya isi freezer awut-awutan. Makanan-makanan kemasan seperti sosis, kentang goreng, bakso sebelumnya di dalam plastik kemasan aslinya dan dikaretin. Saya lebih suka dimasukkan ke dalam wadah plastik sih. Berasa lebih rapi dan bisa ditumpuk ke atas.

Beberapa saya kasih label nama, karena toplesnya berwarna jadi takut gak keliatan isinya dan kelupaan. Di label juga bisa ditulis tanggal simpan kita supaya bisa kira-kira kapan waktu kadaluwarsanya.

Sayur mayur di rak paling bawah belum saya siangin. Rencana mau beli plastik klip ukuran besar dulu. Baru saya masuk-masukan ke dalam situ.

Habis bebersih terbitlah laper. Sekalian bikin seseruan sama bocils, jadi kita manggang-manggang di halaman. Sebetulnya bisa dipanggang di oven atau di happy call, cuma secara emak-emak mo bikin aktivitas sama bocil jadi mari kita sok-sok an barbeque an outdoor…eciyee…

Dan voilaa…jadilah menu simple, ikan bakar, rebusan bayam dan pare, sambel terasi dan tahu tempe jambal goreng….nom..nom….

Kenyang…saatnya bobo siang….zzzz

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s