Les Musik di Yamaha

Karena si emak tidak bisa sama sekali bermain alat musik (ya bisa sih kalau cuma pencet-pencet, itupun dengan catatan tuts piano-pianoannya ditulisin 1-7 sebagai ganti solmisasi, atau main suling dengan lagu andalan Ibu Kita Kartini :)), jadilah obsesi si emak untuk mengajarkan musik sejak dini kepada anak-anaknya.

Karena salah satu anak tetangga sudah les di Yamaha, jadilah survey dimulai dari sana. Di dekat rumah kami ada Yamaha Relasi di Jalan Panjang, Yamaha ITC Permata Hijau dan Yamaha Citraland Grogol. Secara kilometer paling dekat Citraland, hanya saja secara kantong kayaknya gak sehat les di mall 🙂 Lagipula biaya bulanan paling murah adalah di Relasi, mungkin karena gedungnya sudah milik sendiri sementara di tempat lain  sewa di pertokoan. Selisihnya hanya berkisar 50rb-100rb. Berikut alamatnya :

Yamaha Relasi :

Jalan Panjang No. 267 Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530
T. (021) 5.333.267
F. (021) 5.300.364

Yamaha ITC Permata Hijau :
Ruby No. 12
Jakarta Selatan 12210
T. (021) 5.366.3505 – (021) 5.366.3506

Yamaha Citraland (Topaz Musik) :

Mall Ciputra Lt.V no.33, Jln. Arteri S.Parman, Grogol, Jakarta Barat

Telp : 021-5669706 Fax : 021-5660716

Uang pendaftaran nya biasanya berkisar antara 300-500 ribu rupiah. Kadang suka ada promo untuk early bird, atau pas dulu si KK daftar ada promo kalau kita buka buku tabungan BRI junior atas nama anak kita makan disc 50% untuk pendaftarannya.  Triknya telp saja adminnya beberapa bulan lebih awal dari jadwal pendaftaran dan minta dikabari jika ada promo.

Biaya per bulannya berkisar antara 400rb-700rb/bulan, dimana pertemuan pertahunnya adalah 40 pertemuan sehingga praktis dalam 1 bulan hanya 3-4 pertemuan.

Di setiap jenjang kita membeli 1 paket buku dan CD lagu, harganya berkisar antara 300-600rb, yang dilengkapi sticker kehadiran, dan bisa ditempel di setiap halaman buku-bukunya. Khusus untuk JMC 1 paket bukunya sedikit lebih mahal, karena dilengkapi dengan alat laptop magnet berisi not balok yang bisa dipakai sampai nanti JMC 4.

Mintalah jadwal untuk free trial class, untuk melihat suasana kelas, guru pengajar dan minat serta antusiasme anak.

Masa Pendaftaran : Bulan February dan Agustus (diluar bulan itu harus tunggu bukaan baru)

Format belajar di kelas:

  • Kelompok s/d 10 siswa.
  • Dengan partisipasi orang tua/pendamping

 

Di Yamaha, jenjang musik untuk anak-anak dimulai dari :

  1. Musik Wonderland (Umur 3 tahun)

Masa belajar 1 tahun, terbagi menjadi wonderland 1 dan 2 (masing-masing 6 bulan)

Waktu daftar kelasnya si KK sudah 4 tahun kurang 4 bulan, karena dia ketinggalan periode pendaftaran sebelumnya. Jadilah dia cukup paling besar di kelas. Kelas Wonderclass praktis belum belajar piano, dia lebih menekankan anak-anak bermain, mengikuti irama music, ketukan nada, kapan mereka harus bertepuk tangan atau memencet tuts, melatih kelenturan tangan, bernyanyi dan menari.

Saya melompati jenjang Wonderland 2..hihi emak irit, karena umur si KK sudah cukup untuk masuk jenjang JMC 1.

Kerugiannya sih dia gak bisa ikut konser Wonderland dan mendapat piagam yang diadakan di akhir tahun pertama. Tapi ya gak papa juga sih, konsernya juga baru nyanyi 1 lagu saja, pelajarannya sudah agak membuat dia bosan, selain lumayan saving uang 6 bulan untuk Wonderland 2. Untuk anak kedua saya sudah putuskan bahwa dia langsung ke kelas JMC 1 saja…hihi…Kelas main-main kayak Wonderland biarlah sama KK dan Mamaknya saja…#EmakIrit.com

2. JMC – Junior Music Class (Umur 4-5 tahun)

Masa belajar terbagi menjadi JMC 1-4, masing-masing selama 6 bulan.  Di kelas ini anak-anak sudah mulai belajar lagu, walau masih gampang banget. Enam bulan baru belajar nada do sampai sol, yang divariasikan ke dalam beragam lagu.

Saat JMC 2 mulai belajar tangan kiri, itu pun hanya nada do dan sol sebagai melody nya. Sepupunya yang les di tempat lain sudah jago menyanyikan satu lagu full. Tapi saya merasa untuk anak saya dan saya yang sama sekali tidak punya background bermusik, pelajaran Yamaha ini terstruktur dengan rapi dan baik, serta tidak membuat anak dan emak stress, tapi bisa dipadu kan dengan permainan dan lagu.

Selesai JMC 2, si KK dan teman-temannya bisa konser bersama memainkan lagu Mars Lebah di mall Puri…waa senangnya secara si KK super duper pemalu, tapi dia bisa tampil percaya diri.

mars lebah

Di JMC 3 pelajarannya mulai sedikit sulit, karena tangan kirinya mulai banyak notnya. Dan si KK suka desperado sendiri. Ya saya yang emaknya aja suka belibet main kanan dan kiri. Tapi salut lho, kadang saya lupa suatu not lagu, dia hapal, padahal kan kita di kelas bersama-sama…ya mungkin faktor usia..hihi..jadi otak anak-anak memang bener seperti spons.

Untuk ujian kelulusan diadakan setiap selesai semester. Penguji adalah orang dari Yamaha Pusat, bukan pengajar. Anak akan diuji solmisasi, solfege, menyanyi 1 lagu, dan memainkan 2 lagu di electone dari buku pelajaran di semester itu. Tips nya buat si KK dan emak pemalas ini adalah, lagu-lagu di halaman awal buku pelajaran biasanya paling gampang, makin ke belakang makin susah. Jadi kita pilih lagu di awal saja.

JMC 3 si KK berakhir Januari tahun ini, tapi Bunda harus pindah ke luar pulau di bulan Desember tahun sebelumnya. Untunglah di kota Pekanbaru juga ada Yamaha, jadi kita bisa minta surat pindah dari tempat asal, yang nanti dibawa ke tempat yang baru. Pastikan sudah kontak tempat barunya juga ya. Nanti bisa langsung masuk kelas di bulan Desember dan Januari.

Hebatnya Yamaha, walaupun si KK sudah ganti guru 3x, (2x di Jakarta, 1 x di Pekanbaru), profile gurunya tipikal. walau asli karakternya mungkin ada yang jutek tapi ke anak-anak tetap ramah dan baik hati. Lay out ruangan sama Pelajarannya pun sama persis sudah sampai dimananya. Jadi si KK yang harus masuk di hampir akhir semester sama sekali tidak merasa jetlag.

Dan sekarang sudah di tengah JMC 4…Bunda aja udah merasa keteteran, dan si KK sudah cemberut kalau sudah mulai main 2 tangan…haha…

Ya sudah lah ya.. mengutip kata salah satu orang tua murid di kelas, memang ada orang-orang yang berbakat bermain musik dan ada yang berbakat mendengarkan musik 🙂

Happy Playing and Singing!

 

 

 

Iklan

3 respons untuk ‘Les Musik di Yamaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s