Berlelah Mencari Sekolah – Pekanbaru (4)

Lanjutan dari :

https://curcolbudol.com/2016/04/07/berlelah-mencari-sekolah-1/ –> survey by phone beberapa PG-TK di daerah Jakarta Barat

https://curcolbudol.com/2016/04/08/berlelah-mencari-sekolah-2/ –> site visit Regina Pacis, Bhakti, dan Yasporbi

https://curcolbudol.com/2016/04/08/berlelah-mencari-sekolah-3/ –> site visit Sang Timur dan Penabur

Catatan : ini adalah review pribadi emak-emak berdasarkan perasaan saya dan anak saya…tsaaah… tidak berdasarkan penilaian ilmiah atau performance sekolah.

Setelah si KK sekolah selama 1.5 th dsana, dia happy, bunda juga…gak sempurna cuma cukup lah. Guru2nya type pendidik dan pengabdi, bukan type yg matrelialistis dan caper bin baper… walau beberapa agak galak dan super disiplin. Kegiatan ekskulnya banyak dan murah (hehe penting ya kata2 belakangnya). Coba ya balet tuh cuma 600rb/semester. Melukis, renang, taekwondo, musik, dsb cuma 500rb/semester. Dan saat pentas memamg bagus..saya gak ngerti bagaimana metode gurunya mengajar anak piyik-piyik menari balet dg gerakan yg beda-beda tapi harmonis dan durasi cukup panjang. Sering banget ngadain lomba dan eksebisi sehingga anak-anak tereksplor serta belajar berani.

Sayangnya bunda harus pindah dinas, sehingga terpaksa lah si KK pindah sekolah lagi. Pindahnya gak tanggung-tanggung, ke sebrang pulau..Pekanbaru. Sebetulnya persis di belakang rumah Bunda ada sekolah TK&PG yang berafiliasi dengan kantor. Tapi karena si KK agak trauma dengan pengalaman jaman PG dulu, jadi kami skip sekolah itu.

Karena rumah kami di komplek perusahaan terletak di pinggir kota, jadilah sekolah-sekolah yang akan di survey itu terletak >9km dari rumah….fyuuh…add budget for driver deh.

1. Santa Maria

Alamat TK dan PG :Jalan Guru Sulaman Gg Raya no 14 Pekanbaru

Alamat SD : Jl Ahmad Yani Pekanbaru

Telp : 0761-860573

Waktu survey berbekal google maps kami nyasar ke SD nya, ternyata TK dan PG nya berbeda gedung

Jarak dari rumah : 9km

Bangunannya sudah lama, parkiran terbatas kayaknya akan parkir di pinggir-pinggir jalan.

Bagian TU dan gurunya kelihatan ramah, cuma si KK nangis gak mau ikut masuk ke dalam sekolahan untuk melihat suasananya.

Biaya sekolahnya uang pangkal <5jt

Uang bayaran <500rb/bln

Kurikulum / Bahasa  : Nasional / Indonesia

Murid-muridnya banyak, sama seperti sekolah TK KK sebelumnya yang 100 an anak per angkatan. Hari Sabtu masuk (uhuk..penting banget ini buat ibu-ibu yang kerja pengennya sabtu sama-sama libur dengan anak-anak). Dan nanti saat SD nya karena murid yang banyak, jam masuk dan pulang akan bergiliran pagi dan siang. Bahaya buat anakku yang hobi ngantuk kalau siang.Soal kualitas pendidikan kayaknya gak kalah sama sekolah plus-plus. So far survey beberapa sekolah Katolik, sebiasa-biasanya, yang tidak fancy fancy pun kualitas sudah diatas rata-rata.

Selain itu, ini juga sekolah pak suami waktu dia kecil dan tinggal di Pekanbaru. Jadi ada nilai historisnya…eciyee..

Cuma karena si KK nangis jadi pulangnya bunda tanya, kenapa nangis? Dia jawab gak mau sekolah disitu katanya sekolahnya gak bagus. Maksud dia mungkin bangunannya ya. Karena 2 sekolah dia terdahulu memang sekolahnya walau jadul, besar tetapi bersih dan rapi. Bhakti apalagi super duper bersih.

Jadi bunda bilang “Ok..kalau KK gak mau sekolah disini nanti kita cari sekolah yang bagus ya…nanti kita survey ke DharmaYuda.”

Dia nangis lagi. Kenapa nangis?

“Kalau sekolahnya gedungnya bagus..nanti pelajarannya susah…”

*tepokjidat*

2. Dharma Yuda

Alamat TK dan SD : Jalan Soekarno Hatta No. 18 Pekanbaru

Telp. +62 761 7871009, Fax +62 761 7871388 (beberapa kali telp tdk diangkat sih :))

Alamat SMP dan SMA  : Jalan SM Amin No. 189 Pekanbaru

Telp. +62 761 7874199, Fax. +62 761 7874599

Website : http://darmayudha.com/en/

Jarak dari Rumah : 10 Km

Kurikulum / Bahasa : National Plus  / Inggris-Indonesia

Uang pangkal : < 15jt

Uang bulanan : <1.5jt

Sebetulnya ini sekolah incaran dari jaman saya di Jakarta, selain jaraknya yang tidak terlalu jauh (waktu di Jakarta saya kasih batasan jarak rumah dan sekolah 5km karena banyak pilihan. Di sini terpaksa radius saya jauhkan), kurikulum sudah nasional plus, tidak condong pada satu agama tertentu, tidak terlalu mahal dibanding national plus yang ada di Jakarta, fasilitas sekolah sangat baik.

Sebelum kesana, saya tanya teman yang kebetulan anaknya SD disana. Anaknya pintar, mama papanya pintar jd diasumsikan pasti pendidikan anak menjadi concern mereka di sekolah maupun di rumah. Dia merasa anak-anak disana pintar karena memang disaring dari awal. Suasana kompetitif sungguh terasa. Tidak saya jabarkan disini secara detail hanya saja sepertinya kurang pas suasana ini untuk anak saya.

3. Kalam Kudus

Alamat PG dan TK :

JL Kuantan Raya 10, Pekanbaru, Riau
Telp: (0761)-40530

Alamat SD SMP dan SMA :

Jalan Lokomotif 118, Pekanbaru, Riau
Kode Pos: 28142
Telp: (0761)-23033
Fax: (0761) 853159

Website : http://kalamkuduspekanbaru.sch.id/

Jarak dari rumah : 10 Km

Kurikulum : Nasional

Uang pangkal TK : < 5jt, SD < 10jt

Uang bulanan : 550rb

Kelebihannya karena saya memang memprioritaskan sekolah berbasis agama. jadi mau yang lain sebagus apa, ya udah sih ini yang dipilih (udah kayak pilkada..haha..terus ngapain survey banyak-banyak sih…). Kelebihan lain infrastruktur lumayan, ada kolam renang, tempat bermain anak, tempat ibadah, bersih, gurunya ramah-ramah secara umum (guru Sang Timur yang TK B galak…haha..tapi memang bagus sih secara disiplin), muridnya gak banyak-banyak banget sehingga gak crowded.

Kekurangannya dengan semua fasilitas yang dipunyai, kayaknya guru-gurunya kurang mengeksplore anak-anak. Jadi pernah ya pas acara Tahun Baru Imlek show di mall. Itu anak-anak awur-awuran aja pentasnya. Padahal anak-anak Sang Timur dulu pentas di aula sekolah aja sudah bisa mulai tarian, paduan suara, main alat musik, balet, dan semuanya harmoni dan bagus banget. Ya mungkin efek guru-guru yang galak dan disiplin ya…Terus waktu ikut lomba gerak jalan di sekolah aduuh sebagai mantan guru sekolah minggu yang gak jago-jago banget, rasanya pengen kulatih tuh anak-anak biar bisa bikin yel-yel dan atraksi yang attractive….ceileee….khayalan yang biasanya tak seindah kenyataan 🙂 Tujuannya bukan menang sih cuma mementokkan kemampuan anak.

Haha…yang kompetitif gak mau, yang santai gak mau, kapan-kapan buat sekolah sendiri lah sana 🙂

4. Djuwita Pekanbaru

Alamat : Jln. Serai Kel Tangkerang Barat Kec Marpoyan Damai Pekanbaru

Telpon : 0761 563 512

Website : http://www.sekolahdjuwita.sch.id/contact-sekolah-djuwita-pekanbaru/

Jarak dari rumah : 15 km

Kurikulum : National Plus

Uang pangkal masuk TK : 15 juta (komponen terbesar dr buku : 6jt/th)

Masuk SD : 26 juta (komponen terbesar dr buku : 8jt/th)

Uang bulanan : 1.3 – 1.8 juta

Berdasar referensi teman yang anaknya sekolah disana, kurikulum sudah national plus, bahasa Inggris sehari-hari, full day school sampai jam 4 sore, tetapi tidak se-stressful (untuk beberapa anak dan orang tua ya) sekolah national plus lainnya.

Buat saya pribadi karena jarak yang lumayan jauh dan rute macet, anak saya harus berangkat lebih pagi ke sekolah drpd saya berangkat ke kantor, pulang lebih sore dari saya, plus jam belajar yang lebih panjang dari jam kerja saya. Terlalu berlebihan gak sih? Ya kalo kegiatan di sekolahnya benar-benar fun, kalau nggak, apa gak bosen ya.

Dengan biaya yang semahal itu menurut saya, fasilitas sekolahnya so so saja, Mungkin karena mereka sekolah baru ya, jadi sebagian besar biaya gedung dan infrastruktur masih harus di absorb di biaya pendaftaran.

djuwita

Alasan lain, absurb banget sih. Wajah bu Djuwita, pendiri sekolah ini ada dimana-mana. Di akun sosmed, di website, di kalender sekolah, di poster gede di depan sekolah, di leaflet….hahaha..ya biarin aja lah, sekolah-sekolah dia…kalo saya bikin sekolahan mungkin kalender isinya foto saya dan anak-anak semua…hihi…Mungkin masukan buat beliau, siapa tau ada emak-emak yang seabsurb saya sehingga mengurangi potensi masuknya siswa kesana.

5. Montessory Community School

Alamat : Jalan Pemuda, Pemuda City Walk Education Block, Lantai 3

Nomer telpon : 081364225452

Akun FB : @MCSPekanbaru

Jarak dari rumah : 10km

Ada beberapa sekolah berbasis Montesori di Pekanbaru, tapi biasanya hanya di jenjang PG dan TK. Untuk MCS ini dia sudah sampai kelas 4 SD

Biaya masuk SD :

montessory.jpg

Untuk PG dan TK, saat saya survey kesana sedang promo atau karena saya masuk untuk tengah semester, sehingga biaya registrasi bisa di nolkan. Tidak ada uang seragam, karena disana pakai baju bebas.

Plusnya, seperti sekolah-sekolah montesori pada umumnya, metode mengajar nya seru dan kreatif banget, bisa diklik di akun fesbuknya. Untuk PG dan TK sepertinya recommended. Tapi untuk SD saya cemas akan sustainability-nya.  Muridnya terlalu sedikit, dan bahkan bisa 0 untuk salah satu jenjang kelas. Infrastrukturnya di lantai 3 komplek ruko yang memang di tujukan untuk blok pendidikan, dimana lantai 1 kosong, lantai 2 ada sekolah musik dan sekolah matematik yang kayaknya juga sepi.

6. Indonesian Creative School (ICS)

Alamat : Jl. Arifin Ahmad, Kel. Sidomulyo Timur, Kec. Marpoyan Damai, Sidomulyo Tim., Pekanbaru

Nomer Telpon :  (0761) 565382

Akun FB : ICS (Indonesian Creative School)

Jarak dari rumah : 20 km

Kurikulum : National Plus

Biaya : kurang lebih sama dengan Dharma Yuda.

Saya tidak survey karena lokasi yang menurut saya terlalu jauh untuk anak-anak. Tapi kalau rumah dekat dengan lokasi sekolah, terus terang ini sekolah yang cukup pas, national plus tapi cenderung mengeksplor kreativitas anak.

Hmm…mungkin tunggu saya pindah rumah kesana dulu 🙂



Iklan

12 respons untuk ‘Berlelah Mencari Sekolah – Pekanbaru (4)

  1. Mba..jadinya skul dimana..krn saat ini sy mengalami hal yg sama..bahkan sudah survey ke masing2 skul >2x masih belum bs memutuskan..salah satu skul lainnya adalah Stela Gracia..

    Suka

      1. Thanks respondnya mba. Utk jarak sy ga ada issue, utk biaya awalnya gak, tp sejak biaya disana semakin “melambung” dlm kurun waktu relatif singkat (6bulan), dan muNcul biaya2 bru lain seperti uniform, book, biaya snack yg membesar, hingga hrus bayar lunas admission 7bulan sebelum mulai kelas, sy jadi emosi dan mengakhiri ketertarikan..asumsi pribadi sy jadinua “business oriented”..padahal disana belum ada lulusan atau sesuatu yg bs “dijual”..talk about english-nya yg katanya “OK”..alhamdulillah basic anak sy cukup OK, dan ada backup dr EF.

        Jika sj biaya yg ditawarkan relevan dg apa yg akan didapat baik dr sisi fasilitas, dll..mungkin sy bakal mikir ulang di stela, tp mengingat msih byk skul lain yg biaya dikeluarkan sgt2 relevan dg yg didapat bahkan lebih, maka baiknya memilih yg “lain” ini sj

        Terakhir, staff adm disana, plis..ga ramah dan suka ga nyambung / kurang tepat menjawab pertanyaan kita..lebih pd jualannua daripada jawaban sisi edukasinya (padahal firsr visit sy kesana, sy puas, tp yg kedua / sekarang..ga bgt…)

        *jd curcol..

        Jd ngelanjutin disana jadinya ya mba..
        Hmm..

        Makasih infonya mba

        Disukai oleh 1 orang

  2. Selamat sore mbak, mbak saya juga lagi bingung skrg mau cari sekolah utk anak saya, udah tinggal 2 pilihan sih sebenernya mbak antara Dharma Yudha sama ICS, nah saya pinginnya yg disiplin tpi juga gak terlalu kompetitif bgt yg bikin anak2 stres. Kalau boleh tahu detail kompetitif yg di Dharma Yudha seperti apa ya mbak, terima kasih banyak sebelumnya mbak.

    Suka

    1. Hai mbak..Dharma Yudha oke kok..sperti skolah2 klasik jaman kita jaman dulu yg banyak PR dan ulangan harian. Mereka bagus krn murid2nya sdh tersaring di awal. Ortu jg banyak yg les in anak2 d luar skolah.
      Kalau mau yg lebih fun belajarnya mungkin bs ke montessory atau ICS.
      Tapi 2 2 nya ok kok

      Suka

  3. Mbk, mau tanya. Sy ini kebetulan mau pindah k pku dr bdg. Skrg ank sy sekolah d sd st angela bdg. Mohon info, menurut mbk sekolah yg disiplin ma agama katolik ny bagus serta bangunan en fasilitas ny bersih d mn ta mbk? Blm smpt k pku, jd br browsing2 dl. T4 kerja suami nnti. D daerah sekitar soekarno hatta. Mksh…😊

    Suka

  4. Mba nanya yah…thn 2017 saya pindah dr Jakarta ke Rengat (sekitar 5 jam dr pekanbaru) mengikut suami yg pindah di tugasin di sini.Nah baru 1 thn tahu2 suami di pindahkan ke pekanbaru.Need info soal sekolah yg bagus (antara biaya dan kualitas pendidikannya sesuai) dong.Soalnya anak pertama dan kedua sdh SMP dan yg ketiga kls 2 SD.Dari yg saya browsing (Darma Yudha) dan Santa Maria gedung SD dan SMP berbeda.kl mbak anaknya masuk SD mana?makasih ya mba

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s