Selamat Ulang Tahun Kartini Kecil-ku

21 april adalah ulang tahun si KK, pas dengan hari lahir ibu kartini. Saya tidak punya rencana merayakan, karena hari kerja dan ayahnya pun tidak ambil cuti (tanggung 6 hari lagi si AD ultah juga). Tapi rencana tiup lilin dan bagi goodie bag ke teman-teman sekolahnya.

Di sekolah yang sekarang memang tidak dibolehkan “merayakan” ulang tahun. Jadi kalau mau bagi2 goodie bag kita tdk perlu woro-woro ke teman-temannya. Tiup lilin boleh, tapi potong kue dan dibagi-bagi juga tidak.

Untuk kenang-kenangannya saya pesankan mug bergambar si KK dan sherrif callie, film kartun kesayangannya saat ini.

image

Yuuk yang mo order monggo…ada juga mug yg dalamnya berwarna warni…tuuh kan kumat jualannya 😁

Kemudian ada snack-snack juga si mbak-mbak bedinde bantu siapkan nasi box isi nasi kuning komplit.

Untuk kue ultahnya saya pesan dari mamayo. Silakan yang mau order : https://kuemamayo.com/daftar-harga-dan-pemesanan/
Ini pesanan kedua saya. Saya pesan size terkecil 18x18cm. Bukannya pelit, cuma irit..eh bukan..di sekolah kan kue gak boleh dipotong, trus di rumah cuma ada saya, si KK, si AD yg baru 2 tahun, bedinde yang semuanya gak suka kue tart (prefer pecel lele kayaknya). Padahal saya sudah pesan base cake nya lapis surabaya istimewa yang gak se-nek kue-kue ultah kekinian.

image

Buat modelnya saya percayakan sama si mbak mamayo…terbukti daya kreasi dia lebih oke dari imaginasi saya…pokoknya cuma bilang tema sherrif callie.

H-1 si KK minta baju ultah..weww…saya memang gak prepare..selain baju dia yang kadang dibeli ibunya karena lapar mata, juga kado-kado banyak yang belum dipake. Pokoknya kalau yang dia gak ‘klik’ ya gak dipake. Tapi yang dia suka ya curinggo (cuci garing di nggo – cuci kering dipakai). Di sekolah juga ribet kayaknya kalo harus ganti baju sekedar mau ulang tahun. Jadi kebanyakan teman-temannya pakai baju sekolah aja, walau ada juga yang berganti pakaian.

Kebetulan di H-1 saya med check. Jadi pulang med check saya ajak si KK ke mall. Muter-muter sampe capek nyari baju ulang tahun susah banget. Karena dia mau baju ala-ala princess tapi lengan panjang. Dan biasanya baju ultah begitu kalo gak u can see ya lengen pendek. Karena anak-anak gampang gerahan kali ya. Karena pusing gak dapet-dapet saya ajak ke bagian baju muslim anak-anak. Dan dia mau coba 2 baju.
image

Itu ngambil fotonya ngumpet-ngumpet..karena miss rempong ngambek gak dapet-dapet baju. Ternyata pas dicoba, di bagian dalam baju ada jilbabnya…ya iyalah ini kan baju muslim anak-anak.
“Ini apa bun?”
“Kerudungnya.”
“Aku gak mau ada kerudungnya”
“Ya nanti dikasih mbak aja kerudungnya”
“Pokoknya gak mau!”

Yaaa…gagal maning. Keliling lagi sampe capek. Trus dia bilang.
“Bund..bund aku ada ide”
“Iya…apa kak?
“Bagaimana kalau besok aku pakai baju sekolah saja.”
Yeeeee….capeee deeeh….
But anyway, bunda happy gak jadi bela beli…irit book..jadinya kita makan saja dan pulang ke rumah naik taxi. O iya tarif taxi blue bird udah turun lho…haha random banget sih gue.

Dari malam 2 asisten saya sudah menyiapkan menu nasi kuning. Sampai saya bangun jam 4 pagi sudah ready 35 pcs goodie bag buat teman-teman dan karyawan sekolah. Tadinya saya mau order goodie bag spunbound berprint sherrif callie, cuma nemu vendor di tokopedia yg gak bisa memenuhi order h-14 plus ada jumlah minimumnya.
image

Sesudah itu bangunin bocah, menyiapkan dia untuk ke sekolah dan kami ke sekolah untuk pertama kalinya disetirin bunda. Si mbak menemani dikursi belakang sambil nyuapin

Kami berangkat jam 6.40 dari rumah ke sekolah yang kalau dipantau via google map cuma berjarak 2km an. Jadi rencananya bunda antar sekolah. Pulang lagi ke rumah jemput AD nya, mbak yang satu lagi dan goodie bag serta kue ulangtahun serta berangkat lagi dari rumah sekitar jam 8.30-an.

Yang saya tidak prediksi adalah kondisi lalu lintas jalan Kemanggisan Raya dan Budi Raya di saat hujan di hari Kartini. Dimana “mungkin” semua mobil keluar karena hujan atau nganter anak sekolah berkebaya.

Sepanjang ruas jalan itu ada SD, SMP dan SMA. Ada apartemen (bayangkan kalo seperempat penghuninya keluar pakai mobil) dan ke arah kampus binus.

Sampai jam 8 saya masih stuck di jalan. Untuk mutar balik ke rumah mengambil goodie bag dan kue tart juga gak mungkin karena itu adalah ruas jalan 1 arah. Jadi mau gak mau suka gak suka saya harus ikutin rute macet (eh rute parkir bebas tepatnya) sampai ke jalan budi raya dimana ada opsi dua arah.

Sampai di budi raya sudah jam 8.30. Hujan sudah mereda, tapi macet belum usai. Si mbak saya suruh turun dan meneruskan naik ojek sementara saya ambil rute pulang ke rumah.

Rute pulang pun gak kalah drama-nya. Saking stress nya sampai saya kelaparan dan kehausan. Ya iya sih biasa perut diisi jam 6 pagi. Saya tengok jok belakang mencari aqua eeh malah nemu nasi buat nyuapin si kakak. Yeaay rejeki emak sholehah. Jadilah ngemil nasi kuning sambil nunggu macet. Airnya malah gak nemu, kalaupun keseretan ya tinggal buka jendela pake air ujan 😁
image

image

Akhirnya sampai rumah. Si mbak yang anter anak saya pakai ojek sudah sampai duluan dan mau order bajaj. Hmmm kalo lewat rute yg sama kayaknya gak bakal keuber deh. Jadi kayaknya kita harus pake ojek. Masalahnya 35 goodie bag itu bukan jumlah yang sedikit. Ada 3 kardus gede.

Jadilah si mbak cari abang ojek pangkalan dekat rumah. Kita pakai 3 motor. Saya berangkat duluan pakai 1 motor membawa 1 kardus goodie bag dan bday cake si KK.

Sampe sekolahan bisa cepat, karena si abang tau rute gang senggol yang cuma muat motor. Jadi saya bilang ke bu guru kalau 2/3 goodie bag yang lain dalam perjalanan. Bu guru sempat berpikir ultah nya gak jadi. Yaiyalah anak yang ultah jam 8.30 aja belum sampe sekolah.

Tapi bu guru benar-benar baik dan bijaksana, di tengah saya yang panik karena goodie bag dan si mbak belum sampe acara tetap berjalan ceria. Kayaknya di sini anak-anak juga gak ditekankan harus ada goodie bag kalau ultah. Tapi lebih ke berdoa mengucap syukur ada teman yang ulang tahun, kasih selamat, mereka kasih hadiah spontan berupa bernyanyi atau puisi.

image

Terimakasih bu guru, sudah siapkan slide presentasi ulang tahun si KK.
She’s si happy.

Sampe menjelang kelas bubar goodie bag 2 dan 3 belum sampe juga. Akhirnya kita putuskan goodie bag dibagi besok. Sedihnya ada porsi nasi kuning yang gak sedikit. Saya bilang gak papa bu, besok saya bikinkan lagi. Walau kata bu guru gak usah bund..besok snack2nya aja sama souvenir. Bu guru nya sangat baik, anak-anak juga dididik buat gak peduli hal-hal material seputar ulang tahun kayak potong kue, hadiah atau goodie bag. Mereka tetap lebih heboh kasih selamat ke si KK dan kagum sama kue si sherrif callie…haii…haiii…satu-satunya pelipur lara bunda pagi ini.

Ini kalo saya bukan emak 2 anak udah nangis bombay kali ya…kebayang perjuangan beli-beli bahan, si mbak begadang malem dan bangun dini hari, sampe traffic macet yang mau katanya di jakarta banyak moda transportasi, mau bilang kamu gak masalah mo punya duit berapa…tetep aja traffic nge-jam. Eeeh kalo punya duit bisa kali ya naik helikopter….haha…

Akhirnya rombongan si mbak, si AD yang udah dandan keren buat ultah KK nya di sekolah tapi gobyos karena harus motoran bermacet-macet dan si goodie bag sampe juga. Goodie bag snack dan souvenir bisa dititip di sekolah. Nasi kuning kami bagi-bagi ke entah siapa-siapa. Mulai dari karyawan sekolah, bang ojek sampe tukang bajaj. Dan kami ngaso dulu..tepar di halaman sekolah.
image

Perjalanan masih panjang. Kan harus pulang lagi membayangkan macetnya jalanan. Akhirnya ada 1 abang bajaj yang mau angkut pulang dengan tarif 1.5x nya…emang cuma uber doank yg ada surge charge ya. Si mbak naik motor. Tapi gak nyesel bayar surcharge karena si abang tau rute jalan kucing (kalo jalan tikus untuk motor, untuk bajaj gedean dikit). Dan saya nyampe duluan daripada si mbak yang pake motor.

Sampe rumah sudah jam 12. Saya ingat belum makan apa-apa dari pagi….eeeh tadi pas macet, nasi kuning si KK apaan tuh? Ya anggap aja cemilan. Sementara sudah ada sms dari ibu makelar yang mau supply ART buat kakak saya. Dia memburu-buru karena katanya mau pergi ke Tangerang.

Panas meletek. Enaknya sih naik mobil. Tapi pasti lama. Akhirnya bergojek ria biar cepat sampe. ART yang available cuma 1. Ini saya udah gak pake wawancara or apalah, karena soal ART di rumah kakak saya juga sedang krusial. Sesudah silaturahmi ngobrol-ngobrol sama bu makelar plus minum 1 botol teh (sumpaaah hauss…sampe si ibu tanya “nambah bu tehnya?”), akhirnya saya pamitan.

Si ibu makelar ini tempat saya ambil mbak pengasuh anak saya. Ini sudah masuk tahun kedua dia bekerja sama saya. Gak ada 1x pun si ibu makelar telpon telpon bujuk si mbak untuk kerja di tempat lain. Karena tetangga saya ada yg ambil mbak misal sekarang, tapi pas lebaran kan si mbak cuti, mo ambil lagi mbak yang sama eeh bayar uang ambil lagi. Maaf ya gak bisa share lagi nomer telpon bu makelar. Persaingan dunia per pebete an lebih keras dari rebutan pacar..haha…

Pulang dari sana naik uber. Jalan macet. Si mbak baru ini kayaknya pemabuk juga…daripada daripada mending saya suruh dia tidur di jalan.

Sampe rumah saya tepar juga. Tapi mo bobo siang eh bobo sore juga gak bisa. Karena si mbak-mbak mau siap-siap bikin nasi kuning batch dua buat besok di sekolah anak-anak. Sebetulnya mau saya subkonkan ke tetangga karena pasti mereka capek habis begadang semalaman , tapi mereka mau ngerjain ya sudahlah.

O iya ipar saya, kakak suami datang bawa birthday cake untuk si KK. Rejeki emak sholehah lagi. Ayo nak ditiup lagi lilinnya, buat mengusir galau di hati dan lelah di badan.
image

Rejeki si KK…dulu bday ketiga juga dapat kue dobel dari anak kost. Sekarang juga dobel. Semoga murah rejeki ya nak. Maafkan bunda yang dodol sehingga ultahnya jadi drama begini….eh macet mah bukan salah bunda, itu salah koh ahok….molaiiik…

Be a strong and tough girl…karena hidup gak selalu selancar jalan tol dalam kota di saat lebaran.

Dan lesson learned hari ini adalah jangan pernah berasumsi bahwa hidup di jakarta kamu bisa pulang pergi seenaknya. Bawa semua peralatan yang kamu perlu bersamamu. Okesippp…
Salam nasi kuning!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s