Transformasi

Kayak lagu “tak ada yang abadiii…”. Sesudah 8 tahun bekerja di perusahaan oil & gas, tetiba harga minyak dan gas anjlok gak karu-karuan. Dan perusahaan bersiap melakukan reorganisasi.

Gak kayak wonder woman yang muter sebentar udah bisa “BERUBAAH” atau satria Baja hitam RX…emak rempong kudu banyak persiapan jika dan hanya jika (udah kayak pelajaran matematika logika aja).

Yang tadinya cuma apdet fesbuk dan mantengin twitter sekarang update linkedin dan mantenging jobstreet.com. Cari-cari foto kece yang bisa ditaro di linkedin, yang bisa membuat kecewa interviewer di kesan pertama “lhoo kok beda sama fotonya”. terus mulai nginget-nginget selama ini ngerjain apa aja yaa, ikut training apaan, bikin achievement apa, yang bisa dimasukkan dalam linked in yang bisa memukau pencari kerja…dan hasilnya….terereeeng….GAK ADA! xixi…emak rempong biasa-biasa aja sih, pemalu dan tidak sombong. Nah itu yang gak boleh!! Kalo mo jual diri (dalam makna positif yaa…tapi bukan positif hamil) harus gak tau malu dan sombong…hihi…

Sesudah update data diri, mulai deh gerilya cari-cari temen dari SD sampe kuliah, dan add-add in. Cari temen-temen dan bos-bos di perusahaan sebelumnya. Weewww…ternyata salah seorang kakak kelas udah jadi VP di salah satu e-commerce besar di Indonesia. Mulai deeh, mlipir nyapa-nyapa…hihi…not so me banget yaa…buat ngapal nama orang aja susah, ini nyapa-nyapa duluan.

Sesudah basa basi baso, mulai deeh :

Me : Mas, kalau ada lowongan di situ yaa…aku experience looo

Mas : experience apa?

Me : experience belanja di *** (nama companynya)

Mas : Haha…yeah, and so with another thousands woman.

Me : Atau kasih testimony sama endorse skill aja deh…biar keliatan keren ada VP yang comment

Udah deh, VP dibecandain, dijamin saya gak keterima deh kalo apply.

Hikmah dari perubahan ini adalah, saya jadi update CV, update linkedin. Ketemu teman dan bos lama, bisa menjalin silaturahmi lagi.

Buat website pencari kerja, IMHO JobStreet paling bagus. Untuk yang versi android nya pun user-friendly banget. Sistem filter dan search nya bagus. Informatif. Ada system seleksi nya juga. Misal perusahaan mensyaratkan nilai minimum untuk bahasa inggris, sebelum kita masukkan lamaran, kita diwajibkan mengikuti tes via website tersebut, dengan perhitungan waktu juga. jadi benar-benar kayak ujian langsung. kalau lulus baru aplikasi bisa dimasukkan.

Dari sekian lamaran, saya dapat panggilan satu kali. Yah lumayan lah, berarti CV saya nggak jelek-jelek amat. Walaupun tidak jadi, tapi menambah percaya diri, kalo masih laku di pasaran luar. Jadi tahu skill dan knowledge apa yang paling dicari di luaran, tahu pasaran gaji.

Saya juga explore kemungkinan berwirausaha. Melihat apa yang bisa diciptakan atau dipasarkan. Menghitung berapa modal kerja, peluang dan potensinya. Karena saya doyan makan sih kepikir buat usaha makanan. Pengen buka angkringan, karena dulu jaman kuliah seneng banget makan nasi kucing dan teman-temannya. Pengen buka catering ke kantor-kantor dan anak kost, karena kebetulan rumah saya dekat dengan perkantoran. Nah ini contoh hasil karya (pembantu) saya :

Gimana yummy kah? hehe…kalau mau pesen contact saya ya…semoga pembantu saya belum resign…hihi….abis juragan nyai cuma bisa makan doank.

Akhirnya pengumuman datang juga. Saya tidak tereliminasi tapi tergusur ke Rumbai. Weeee…disana mana bisa buka catering, secara emak-emaknya lebih jago masak kelas expert.

Belajar dari pengalaman persiapan pensiun dini kemarin-kemarin itu, gak ada yang perlu ditakutkan dari perubahan. Yang penting persiapan, plan A sampe Z kalo perlu. Dari kondisi biasa aja sampe worse case.  Jadi pindah Rumbai walau agak deg-degan, perlu penyesuaian, terkaget-kaget di awal, tapi saya yakin bakal survive…ya mungkin monkey-monkey di hutan itu yang pada gak survive pas saya kesana….xixi…rebutan lahan karena populasi manusia semakin banyak.

 

Iklan

Satu respons untuk “Transformasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s